EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID DALAM MEMAKMURKAN MASJID (STUDI KASUS DI MASJID BESAR AL-MANAR PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT KALIMANTAN SELATAN)

Mulia, Nur (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID DALAM MEMAKMURKAN MASJID (STUDI KASUS DI MASJID BESAR AL-MANAR PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT KALIMANTAN SELATAN). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
(1) PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN MULIA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
(2) AWAL MULIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(3) ABSTRAK MULIA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
(4) BAB I MULIA.pdf

Download (573kB)
[img] Text
(5) BAB II MULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
(6) BAB III MULIA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
(7) BAB IV MULIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(8) BAB V MULIA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
(9) DAFTAR PUSTAKA MULIA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
(10) LAMPIRAN-LAMPIRAN MULIA.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Skripsi ini berlatar belakang mengenai manajemen masjid pada segi aspek bidang idarah, imarah, dan riayah dalam memakmurkan masjid di masjid besar Al-Manar Pelaihari yang merupakan salah satu masjid besar di Pelaihari yang dalam segi penerapan manajemen dalam memakmurkan masjid sudah baik hanya saja memerlukan keaktifan seluruh para pengurus masjid dalam perannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui implementasi manajemen masjid pada aspek bidang idarah, imarah, dan riayah dalam memakmurkan masjid dan untuk mengetahui pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan manajemen masjid dalam memakmurkan masjid di masjid besar Al-Manar Pelaihari. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif, sebab fokus dalam penelitian ini yaitu peran para pengurus dalam menerapkan manajemen masjid guna memakmurkan masjid. Maka, dengan demikian sumber utama yang penulis gunakan berupa kata-kata maupun langkah-langkah, disamping itu juga penulis menggunakan data berupa tertulis seperti hal nya dokumentasi, arsip, buku, jurnal, dan lainnya. Subjek pada penelitian ini yaitu ketua pengurus masjid Bapak Drs. H. Ahmad Nurdin, Bapak H. Ermanto., M.Pd selaku bendahara masjid besar Al-Manar Pelaihari, para pengurus lainnya dan para jamaah. Berdasarkan hasil analisis data implementasi manajemen masjid dalam memakmurkan masjid di masjid besar Al-Manar Pelaihari sudah baik. Para pengurus melakukan implementasi manajemen masjid dari segi aspek bidang idarah, imarah, dan riayah. Terdapatnya tiga aspek bidang yang diterapkan oleh para pengurus dengan demikian masjid mampu terus berkembang dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Adapun idarah yang dilakukan oleh para pengurus masjid berupa perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, keuangan, dan pengawasan. pada imarah yang dilakukan oleh para pengurus yaitu mengenai program kegiatan yang ada di masjid. Sedangkan riayah yang dilaksanakan oleh para pengurus seperti pemeliharaan dan perawatan fasilitas masjid. Akan tetapi sebaik apapun terhadap pengelolaan masjid pasti terdapat pendukung dan penghambat dalam menerapkan manajemen masjid guna memakmurkan masjid tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Feb 2022 10:28
Last Modified: 20 Feb 2022 10:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18502

Actions (login required)

View Item View Item