EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEREMPUAN DALAM BUKU MUSLIMAH YANG DIPERDEBATKAN KARYA KALIS MARDIASIH: ANALISIS HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR

Asmawati, Nor (2022) PEREMPUAN DALAM BUKU MUSLIMAH YANG DIPERDEBATKAN KARYA KALIS MARDIASIH: ANALISIS HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (832kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (220kB)

ABSTRAK

Buku Muslimah yang Diperdebatkan adalah hasil karya seorang perempuan yang gigih menyuarakan hak-hak perempuan. Kalis Mardiasih adalah salah seorang aktivis muda, memperjuangkan ketidakadilan gender yang seringkali mengkritik ketidakadilan terhadap perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena dan isu-isu mengenai perempuan dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan. Fenomena terkait identitas, peran dan status perempuan muslimah yang seringkali menjadi perdebatan di masyarakat, terutama pada kalangan perempuan itu sendiri. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana peran dan status perempuan dinarasikan dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan, kemudian bagaimana analisis hermeneutika Paul Ricoeur terhadap fenomena perempuan dalam buku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pada riset pustaka (library research), yaitu penelitian yang berbasis pada pengumpulan data dan pengolahan data yang berfokus pada pembahasan narasi mengenai fenomena perempuan dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan media digital, kemudian diklasifikasi berdasarkan relevansi dan sumbangsih terhadap penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatifinterpretatif, dengan menggunakan analisis hermeneutika Paul Ricoeur. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni terjadinya kesenjangan terhadap peran perempuan yang kemudian melahirkan bentuk ketidakadilan gender seperti marginalisasi, subordinasi, stereotip dan kekerasan terhadap peran perempuan baik itu pada wilayah domestik maupun publik. Posisi perempuan yang masih dianggap rendah eksistensinya, manusia kelas dua yang diatur, dikendalikan serta perempuan yang hanya dijadikan sebagai objek. Analisis hermeneutika Paul Ricoeur yakni jilbab dianggap sebagai simbol. Perempuan sebagai subjek mempunyai hak untuk mengambil keputusan, mempertanggungjawabkan sendiri perbuatannya dan tidak ada kaitan dengan jilbab yang dikenakannya. Perempuan telah terbiasa mengambil peran di ruang publik melalui beragam profesi dengan tetap melaksanakan peran sebagai ibu dan istri. Hingga hari ini, ruang publik yang tidak hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki dan ruang domestik juga bukan hanya di bebankan untuk kaum perempuan saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 00:47
Last Modified: 16 Mar 2022 00:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18793

Actions (login required)

View Item View Item