EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGELOLAAN WISATA RELIGI KUBAH SURGI MUFTI SUNGAI JINGAH KOTA BANJARMASIN

Rifqiannor, Muhammad Taufiq (2022) PENGELOLAAN WISATA RELIGI KUBAH SURGI MUFTI SUNGAI JINGAH KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah terkait dengan Wisata religi, dimana sebenarnya kegiatan ini sudah dilakukan oleh masyarakat sejak dulu. hal itu dibuktikan banyaknya aktifitas atau kegiatan yang dikaitkan dengan wisata religi. Wisata religi yang dimaksud dalam penelitian ini disebut ziarah ke makam wali. Beberapa bagian masyarakat, wisata religi ini sering dijadikan sebagai kegiatan keagamaan rutinan, baik tahunan dan sebagainya. Salah satunya wisata religi kubah surgi mufti yang sering dikunjungi oleh peziarah dikarenakan surgi mufti merupakan zuriyat dari Syekh Arsyad Al-Banjari yang merupakan seorang ulama besar di kalimantan selatan. Hal yang menarik untuk diteliti dalam pengelolaan wisata religi kubah surgi mufti ini terkait pengelolaan yang ada, karena kebanyakan orang meneliti suatu wisata religi hanya pada sejarahnya saja, maka dari itu peneliti tertarik meneliti tentang pengelolaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah Juru Pelihara/pengurus Wisata religi kubah Surgi Mufti Sungai Jingah Kota Banjarmasin tentang bagaimana Pengelolaan disana terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan atau evaluasi dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang ada di wisata religi kubah Surgi Mufti Sungai Jingah Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Wisata Religi Kubah Surgi Mufti Sungai Jingah Kota Banjarmasin melakukan berbagai pengelolaan dengan dibantu oleh Komunitas bernama muhibbin surgi mufti yang dibentuk oleh pengurus untuk membantu dalam mengelola wisata religi kubah surgi mufti. Dalam pengelolaannya menerapkan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Faktor pendukung dalam pengelolaan wisata religi kubah surgi mufti sungai jingah kota banjarmasin yaitu dari berbagai kalangan ikut membantu untuk mengelola ini terutama dari dinas pariwisata serta ketersedian sukarela warga dan Muhibbin surgi mufti sehingga memudahkan juru pelihara dalam mengelola kubah surgi mufti sungai jingah. Faktor penghambat dalam pengelolaan wisata religi kubah surgi mufti sungai jingah kota banjarmasin yaitu kekurangan lahan kosong untuk parkir dan untuk orang berjualan, sehingga bisa jadi menimbulkan kemacetan dan kurang rapi disekitaran kubah. Perencanaan yang dilakukan hanya berdasarkan pemikiran juru pelihara saja, belum termuat dalam bentuk tulisan sehingga kurang terkoodinir dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:55
Last Modified: 17 Mar 2022 01:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18817

Actions (login required)

View Item View Item