EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BURDAH DALAM RITUAL TOLAK BALA DI DESA TELUK LABAK KECAMATAN DAHA UTARA (STUDI TENTANG KEPERCAYAAN DAN AKTIVITAS MASYARAKAT)

Maslina, Maslina (2022) BURDAH DALAM RITUAL TOLAK BALA DI DESA TELUK LABAK KECAMATAN DAHA UTARA (STUDI TENTANG KEPERCAYAAN DAN AKTIVITAS MASYARAKAT). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kasidah Burdah merupakan sekumpulan syair yang isi kandungannya adalah sejarah, pujian dan juga shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Pembacaan kasidah Burdah ini tidak hanya sekedar dibaca saja, namun dibacakan juga sebagai ada hajatan tertentu, misal menempati rumah baru atau sedang mengalami situasi polemik seperti kebakaran, kekeringan dan wabah penyakit dengan melakukan ritual tolak bala. Masyarakat percaya dengan membaca Burdah dalam pelaksanaan ritual tolak bala semua macam bala dijauhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembacaan Burdah sebagai media dalam ritual tolak bala dan prosesi pelaksanaannya serta kepercayaan masyarakat di Desa Teluk Labak Kecamatan Daha Utara tentang Burdah dalam ritual tolak bala. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan Sosiologi Agama. Dalam pemilihan subjek penelitian sebagai sumber data adalah ulama, pemuka agama, tokoh masyarakat dan masyarakat yang pernah melakukan kegiatan Burdah dalam ritual tolak bala di Desa Teluk Labak Kecamatan Daha Utara. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa latar belakang pembacaan Burdah sebagai media ritual tolak bala dan kepercayaan Burdah dalam ritual tolak bala yang dilaksanakan di Desa Teluk Labak adalah sebagai bertawassul dan bertabarruk kepada Nabi Muhammad Saw dengan tujuan untuk mencegah dari marabahaya, musibah dan lain sebagainya baik untuk individu maupun kelompok masyarakat. Adapun prosesi pelaksanaannya pada malam hari dimulai dari shalat Hajat berjamaah, membaca surah Yâsîn, shalat Isya dan turun ke lapangan untuk berkeliling sambil melantunkan Burdah, mengarak kitab al-Bukhârî, al-Qur‘an dan membaca shalawat pilihan diiringi dengan pukulan gendang dari awal rumah sampai ke ujung rumah. Kepercayaan masyarakat untuk melaksanakan Burdah dalam ritual tolak bala ini adalah diharapkan agar mendapatkan keselamatan, ketenangan dan keberkahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:35
Last Modified: 18 Aug 2022 02:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20365

Actions (login required)

View Item View Item