EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Perpustakaan Digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Kuala (iPusda Batola)

Muzalifah, Muzalifah (2022) Pengelolaan Perpustakaan Digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Kuala (iPusda Batola). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perpustakaan digital dibangun mengimbangi perkemangan zaman yang serba digital dengan menitikberatkan pada perubahan perilaku terhadap media dan sumber bacaan sebagai segmen pasar yang potensial untuk memanfaatkan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengelolaan perpustakaan digital dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai pada pengawasan hambatan yang terjadi dalam pengelolaan perpustakaan digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu pengelola perpustakaan digital dan staf teknologi dan informasi. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa: (1) Perencanaan pembangunan perpustakaan digital dibentuk untuk mengimbangi perkembangan zaman, menambah jenis layanan perpustakaan, menjadikan layanan perpustakaan mejadi lebih mudah dan praktis; (2) Pendanaan perpustakaan digital bersumber dari dana anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD); (3) Pengelolaan koleksi perpustakaan digital sebagian besar dikelola oleh PT Enam Kubuku Indonesia sedangkan instansi berwenang mengelola koleksi melalui panel back office yang dikelola oleh admin; (4) Pengelolaan fasilitas dan layanan perpustakaan digital dilakukan dengan melengkapi perangkat untuk pengoperasian perpustakaan digital iPusda Batola; (5) Pengelolaan sumber daya manusia berdasarkan dengan latar belakang pendidikan pengelola perpustakaan yaitu pendidikan perpustakaan dan pendidikan ilmu komunikasi; (6) Evaluasi dilakukan tidak dengan secara khusus, evaluasi dilakukan dengan menilai layanan dan kinerja dari segala jenis layanan yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Kuala baik secara konvensional maupun digital; (7) Hambatan internal yang terjadi adalah keterbatasan SDM dan jaringan internet, sedangkan hambatan eksternal adalah dari segi pendanaan yang terhambat oleh pandemi Covid-19 dan promosi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:45
Last Modified: 02 Jan 2023 07:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item