EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Asuh Orang Tua Single Parent terhadap Anak Usia Dini di Desa Makmur Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar

Hasanah, Uswatun (2023) Pola Asuh Orang Tua Single Parent terhadap Anak Usia Dini di Desa Makmur Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Orang Tua Single Parent Terhadap Anak Usia Dini Di Desa Makmur Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan dengan empat proses yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini ialah orang yang memiliki dan memahami objek penelitian, maka dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah orang tua dan anak yang diteliti tersebut. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan di Desa Makmur bahwa ditemukan pola asuh yang diterapkan oleh dua keluarga single parent yang memiliki anak usia dini (6 & 7 tahun) ialah lebih cenderung kepada pola asuh authoritative/demokratis dan pola asuh permissive/permisif. Dimana masingmasing orang tua mempunyai gaya pengasuhan serta strategi tersendiri untuk mendidik, membimbing, serta merawat anak-anaknya. Mereka mempunyai tanggung jawab ganda yang seharusnya dijalankan oleh dua orang namun harus dijalankan oleh satu orang saja, tentu ini akan sangat memberatkan bagi seorang single parent. Keluarga MZ dengan usia anak 7 tahun cenderung memberikan kebebasan kepada anak dan kurangnya kontrol serta perhatian kepada anak. Sedangkan keluarga kedua yaitu keluarga SR dengan usia anak 6 tahun mengimbangi pengasuhannya antara kebebasan dan batasan, orang tua memberikan kasih sayang dan kebebasan, namun tetap mendorong anak untuk disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:00
Last Modified: 12 Jul 2023 01:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23604

Actions (login required)

View Item View Item