EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tikrar pada Kelas Tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala

Azizah, Nor (2023) Efektivitas Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Menggunakan Metode Tikrar pada Kelas Tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. pernyataan.pdf

Download (492kB)
[img] Text
2. awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (325kB)
[img] Text
4. bab i.pdf

Download (617kB)
[img] Text
5. bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
6. bab iii.pdf

Download (762kB)
[img] Text
7. bab iv.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. bab v.pdf

Download (484kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
10. lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam yang wajib kita jaga. Salah satu cara kita dalam menjaga Al-Qur’an sebagai seorang umat yang beragama Islam untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an serta keasliannya yaitu dengan cara membacanya maupun menghafal isi serta kandungannya secara berulang-ulang untuk menjaga kualitas hafalan tentu saja diperlukan sebuah metode dalam menghafal Al-Qur’an salah satunya dengan menggunakan metode tikrar agar hafalan lebih melekat diingatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal menghafal Al-Qur’an dan kemampuan sesudah menggunakan metode tikrar serta untuk engetahui tingkat efektivitas kemampuan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode tikrar pada kelas tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala. Jenis pendekatan yang dilakukan oleh penulis dalam hal ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian menggunakan menggunakan metode pre-eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis data, coding, skoring, tabulating, dan interpretasi data, dengan analisis kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas tahfidz di MI Ulumul Qur’an yang berjumlah 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal menghafal Al-Qur’an menggunakan metode tikrar pada kelas tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala skor rata-rata 10,75 dengan Nilai persentase 77% berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal menghafal Al-Qur’an pada kelas tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an sesudah menggunakan metode tikrar pada kelas tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala skor rata-rata 12,55 dengan nilai persentase 83% berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an sesudah menggunakan metode tikrar termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan hipotesis maka metode tikrar efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur’an pada kelas tahfidz di MI Ulumul Qur’an Barito Kuala dilihat dari persentase kemampuan menghafal Al-Qur’an sebelum dan sesudah menggunakan metode tikrar mengalami pengingkatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:24
Last Modified: 26 Jul 2023 06:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24251

Actions (login required)

View Item View Item