EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Rumah Tahfizh Al-Haramain di Kecamatan Banjarmasin Timur

Dina, Nisa Aulia (2023) Manajemen Rumah Tahfizh Al-Haramain di Kecamatan Banjarmasin Timur. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ketertarikan peneliti terhadap manajemen di Rumah Tahfizh Al-Haramain. Melihat berhasilnya Rumah Tahfizh Al-Haramain mencetak hafizh/hafizhah, jenis pembelajaran yang dikelola dan meningkatnya setiap tahun jumlah santri/santriwati sehingga dibuat 4 cabang rumah tahfizh bertujuan untuk menambah santri/santriwati yang ingin belajar di rumah tahfizh. Rumah Tahfizh Al-Haramain merupakan salah satu rumah perkumpulan orang yang belajar dan menghafal Al-Qur’an, sesuai dengan tujuan berdirinya yaitu membentuk generasi Qur’ani (cinta qur’an) memberdayakan potensi anak, memberdayakan profesionalisme guru Al-Qur’an. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen Rumah Tahfizh Al-Haramain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, serta apa saja kendala-kendala pelaksanaan fungsi manajemen yang dihadapi Rumah Tahfizh Al-Haramain di Kecamatan Banjarmasin Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model analisa Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Rumah Tahfizh Al-Haramain sudah sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen dengan meliputi fungsi perencanaan sudah terlaksana dengan baik ditunjukkan pada keaktifan ustadz/ustadzah dalam rapat mingguan, perencanaan program kegiatan dan program pembelajaran. Fungsi pengorganisasian juga dilaksanakan dengan baik seperti tersusunnya struktur organisasi sesuai keahlian masing-masing. Fungsi penggerakan ditunjukkan dari adanya pemberian motivasi dari pimpinan kepada ustadz/ustadzah, pemberian motivasi dari ustadz/ustadzah kepada santri/santriwati, serta tercapainya setiap kegiatan. Terakhir fungsi evaluasi yang dilakukan oleh rumah tahfizh yaitu evaluasi mingguan, acara hari besar Islam dan kendala pelaksanaan fungsi manajemen yang dihadapi Rumah Tahfizh Al�Haramain di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:43
Last Modified: 28 Jul 2023 01:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24395

Actions (login required)

View Item View Item