EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upacara Mandi Baya Pada Masa Kehamilan di Desa Mali-Mali Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar

Marlina, Marlina (2023) Upacara Mandi Baya Pada Masa Kehamilan di Desa Mali-Mali Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
AWAL..pdf

Download (678kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf

Download (480kB)

ABSTRAK

Upacara pada masa kehamilan dalam masyarakat Banjar yang sering dilaksanakan dan memiliki proses yang panjang ialah upacara mandi-mandi. Dalam hal ini, upacara tersebut dianggap sebagai suatu keharusan, dan jika tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sesuatu yang tidak di inginkan. Ada berbagai upacara pada saat kehamilan, yaitu upacara yang dilaksanakan pada masa kehamilan dan ada juga upacara yang dilaksanakan sesudah kehamilan. Di desa Mali-Mali kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar terdapat sebuah adat istiadat yang dinamakan dengan upacara mandi baya. Upacara mandi baya adalah upacara untuk wanita yang hamil pada masa kehamilan yang ke tujuh bulan dan sedang mengandung anak yang ke tiga, kelima, ketujuh dan seterusnya. Kegiatan upacara tersebut dilaksanakan secara sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan upacara mandi baya pada masa kehamilan di desa Mali-Mali kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui apa motivasi dan tujuan dilaksanakannya upacara mandi baya masa kehamilan di desa Mali�Mali kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan antropologi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Mali-Mali kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menerangkan bahwa upacara mandi baya adalah upacara adat yang dilaksanakan di desa Mali-mali kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar. Upacara mandi baya adalah upacara yang dilakukan oleh sang wanita hamil yang usia kehamilan nya mencapai ke tujuh bulan, dilaksanakan pada saat siang hari maupun sore hari. Motivasi masyarakat desa Mali-Mali dalam pelaksanaan upacara mandi baya adalah adanya rasa khawatir dan takut jika tidak melaksanakannya, selain itu agar sang ibu dan anak nya dapat lahir dengan selamat dan sehat. Tujuan dilaksanakan upacara mandi baya adalah sebagai bentuk pelestarian budaya yang sudah jarang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:52
Last Modified: 01 Aug 2023 01:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24550

Actions (login required)

View Item View Item