EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Multi Kasus pada Lembaga Pendidikan Muhammadiyah di Kota Banjarmasin)

Nazli, Muhammad (2023) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Multi Kasus pada Lembaga Pendidikan Muhammadiyah di Kota Banjarmasin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pemasaran jasa pendidikan pada dasarnya merupakan bagian dari salah satu tindakan yang biasanya harus menjadi perhatian bagi lembaga pendidikan. Kegiatan ini dapat pula diartikan sebagai satu sikap yang wajib dilakukan oleh pihak sekolah/madrasah agar dapat menarik minat para pelanggan (sumber daya pendidikan). Jika sebuah sekolah/madrasah tidak mampu menampilkan dirinya kepada masyarakat, tidak menutup kemungkinan sekolah/madrasah tersebut kurang diperhatikan. Oleh karena itulah, penting bagi sekolah/madrasah untuk menampilkan eksistensinya sehingga keberadaannya pun dapat diakui. Adapun yang menjadi fokus penelitian yang dalam tulisan ini yaitu Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan yang melingkupi beberapa hal: layanan jasa, strategi pemasaran, dan dampak strategi pemasaran. Sedangkan tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam cakupan layanan jasa, strategi pemasaran, dan dampak strategi pemasaran. Terkait jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif dalam konsep studi multi kasus. Kemudian mengenai kajian yang dilakukan dalam penelitian adalah menggali informasi terhadap “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dengan Multi Studi Kasus pada SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin dan MTs Muhammadiyah 3 Al�Furqon Banjarmasin” menggunakan metode: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Berdasarkan kegiatan penelitian yang telah dilakukan mengenai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Multi Kasus pada Lembaga Pendidikan Muhammadiyah di Kota Banjarmasin) ditemukan data bahwa dalam praktik kegiatan pemasaran sesungguhnya adalah sama, yaitu melalui strategi langsung (kunjungan sekolah) dan tidak langsung (melalui media online), sedangkan untuk layanan jasa yang diberikan lebih memprioritaskan kepuasan pelanggan dengan menampilkan segala keunikannya (pada SMP Muhammadiyah 3 mengedepankan konsep semi pondok, dan untuk MTs Muhammadiyah 3 lebih mengedepankan muhadharoh dan hafalan tahfidz, selanjutnya mengenai dampak yang diterima dari pengaplikasian strategi pemasaran tersebut adalah tingkat kepercayaan pada masyarakat semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:26
Last Modified: 09 Aug 2023 02:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item View Item