EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Gender pada Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

Zahro, Siti (2023) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Gender pada Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (881kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Adanya pembedaan karakteristik antara laki-laki dan perempuan tidak hanya berakibat pada ketidakadilan gender tetapi juga kesenjangan komunikasi antara keduanya. Kerap kali laki-laki dianggap lebih baik berkomunikasi di ruang atau ranah publik. Sedangkan perempuan dianggap lebih baik berkomunikasi di ruang atau ranah privat. Meskipun demikian, tidak sedikit perempuan yang juga kompeten dalam berkomunikasi dipublik. Begitupun sebaliknya. Dalam perguruan tinggi, mahasiswa tidak akan pernah lepas dari interaksi satu sama lain, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Konsep diri merupakan salah satu faktor psikologis yang sangat berperan penting untung menentukan dan memandu bagaimana perilaku atau tindakan termasuk di dalamnya cara berkomunikasi seseorang. Sehingga apabila seseorang tersebut memiliki konsep diri yang baik, tidak menutup kemungkinan dia akan memiliki perilaku, ataupun komunikasi yang bagus pula, baik itu antar laki-laki maupun perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap komunikasi gender pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis model regresi linear sederhana. Populasi penelitian yaitu 11.352 mahasiswa aktif S1 UIN Antasari Banjarmasin dengan banyak sampel 340 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dan analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Tingkat konsep diri pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yaitu sebanyak 2,94% memiliki kategori rendah, 83,24% memiliki kategori sedang, dan 13,82% memiliki kategori tinggi. 2) Tingkat komunikasi gender pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yaitu sebanyak 9,12% memiliki kategori rendah, 89,71% memiliki kategori sedang, dan 1,17% memiliki kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh signifikan dari konsep diri terhadap komunikasi gender mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang mana dari hasi uji regresi linear sederhana didapatkan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05) dengan sumbangan koefisien determinasi sebesar 0,285 yang menjelaskan pengaruh konsep diri terhadap komunikasi gender sebesar 28,5% sedangkan 71,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:56
Last Modified: 16 Aug 2023 02:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24857

Actions (login required)

View Item View Item