EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Motivasi Orangtua dan Kesiapan Anak Mengikuti Pendidikan Rumah Tahfidz di Daerah Kota Banjarmasin

Sadiyan, Sadiyan (2021) Motivasi Orangtua dan Kesiapan Anak Mengikuti Pendidikan Rumah Tahfidz di Daerah Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (964kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah keingintahuan peneliti terhadap motivasi orangtua dan kesiapan anak belajar di Rumah Tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi orangtua kepada anaknya untuk belajar di Rumah Tahfidz dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan anak belajar di Rumah Tahfidz tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi orangtua dan kesiapan anak, sedangkan subjeknya adalah orangtua dan anak yang terlibat dengan Rumah Tahfidz. Instrument dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi, dan interpretasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) dari tujuh belas orangtua yang diteliti mereka memiliki cara dan pandangan yang berbeda-beda dalam motivasi anak belajar di Rumah Tahfidz, tetapi masih sama dengan berlandaskan dalil al-Qur’an dan hadits yaitu, mendapatkan keutamaankeutamaan atau balasan bagi orang yang membaca, mengamalkan, serta menghafal al-Qur’an tersebut di dunia maupun di akhirat, dan mereka selalu menyertakan do’a serta harapan untuk anak: (2) dan tujuh belas anak yang diteliti juga memiliki kesiapan yang berbeda-beda, tetapi secara garis besar mereka siap mengikuti pendidikan Rumah Tahfidz tersebut yaitu dengan berusaha membaca, menghafal dan muraja’ah lebih gigih; (3) adapun problematika motivasi orangtua terhadap anak yang belajar di Rumah Tahfidz, yaitu ketika anak merasa malas, merasa lelah, merasa bosan dan merasa tidak mempunyai kemampuan untuk belajar al-Qur’an, sehingga orangtua terkendala dalam hal tersebut; (3) adapun problematika kesiapan anak belajar di Rumah Tahfidz terkait kemampuan belajar mereka yaitu, sering datang terlambat, tidak mampu menghafal, lambat dalam menghafal, hafalan tidak lancar, sering diajak teman bercanda saat menghafal dan munculnya rasa malas saat menghafal. Temuan penelitian ini perlu untuk dikembangkan melalui penelitian lebih lanjut dengan melihat berbagai cabang keilmuan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini guna memperoleh temuan-temuan baru yang lebih akurat dan relevan sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Oct 2023 21:50
Last Modified: 31 Oct 2023 06:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24988

Actions (login required)

View Item View Item