EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Siswa SMAN 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu

Putri, Alda Ariska (2023) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Siswa SMAN 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Nilai-nilai toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan baik antar individu maupun kelompok. Untuk menghadirkan perdamaian dalam keberagaman, perlu menerapkan sikap toleransi, dan bijaksana, hidup rukun, peduli, dan mau bekerja sama. Tantangan bagi seorang guru dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi, karena masih ada sebagian siswa yang belum dapat maksimal dalam menanamkan nilai-nilai toleransi. Sehingga guru mampu menerapkan nilai-nilai toleransi di lembaga pendidikan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilainilai toleransi di SMAN 1 Simpang Empat, untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai toleransi di SMAN 1 Simpang Empat dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilainilai toleransi di SMAN 1 Simpang Empat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu guru PAI,guru Non Muslim dan siswa Kelas XI IPS 7 SMAN 1 Simpang Empat. Objek penelitiannya yaitu penanaman nilai-nilai toleransi di SMAN 1 Simpang Empat. Pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai toleransi terhadap siswa SMAN 1 Simpang Empat: semua guru dan siswa sudah menanamkan sikap toleransi dalam bentuk saling menghargai, saling terbuka dan saling bekerjasama di antara pemeluk agama satu dengan lainnya, proses penanaman nilai toleransi dengan menggunakan metode cerita digunakan untuk nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari, metode uswah/ keteladanan digunakan untuk memberikan keteladanan maupun kata dan perbuatan itu harus sesuai, pembiasaan dalam menanamkan nilai toleransi sudah terlaksanakan setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai melakukan tadarus bersama-sama, metode ibrah dan mau’idoh digunakan dalam menanamkan nilai toleransi dalam kegiatan memberikan nasehat kepada para siswa, penanaman nilai toleransi sudah didukung oleh pemerintah dalam moderasi beragama, kegiatan hari besar agama islam maupun hari besar non muslim, semua siswa saling membantu satu sama lain atau bergotong-royong.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:34
Last Modified: 18 Oct 2023 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item