EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Ayat-Ayat Amtsâl dalam Surah Al-Baqarah (Studi Perbandingan Pendapat Mufassir M. Quraish Shihab Dan Anwâr Al-Bâz)

Jannah, Hidayatul (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Ayat-Ayat Amtsâl dalam Surah Al-Baqarah (Studi Perbandingan Pendapat Mufassir M. Quraish Shihab Dan Anwâr Al-Bâz). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an merupakan sumber utama nilai pendidikan Islam, sehingga nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya harus terus dikaji, salah satu bentuk pesan nilai pendidikan yang Allah sampaikan adalah melalui ayat-ayat amtsâl, pada ayat tersebut Allah memberikan perumpamaan dalam bentuk gambaran yang unik dan menarik yang dapat menggugah hati para pembaca untuk merenungi kembali ayat-ayat yang Allah turunkan bagi hamba-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendapat tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada ayat-ayat amtsâl menurut pandangan M. Quraish Shihab dan Anwar Al-Baz. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) dalam bentuk studi komparasi (studi perbandingan). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu upaya yang dilakukan penulis untuk mengolah data dengan bentuk deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik analisis data berupa content analysis (analisis isi) yakni memahami makna ataupun maksud yang terkandung dalam suatu teks yang terdapat dalam kitab tafsir al-Qur’an untuk menemukan perbedaan pendapat Mufassir tentang nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan pada ayat-ayat amtsâl yang akan dianalisis berfokus pada QS. al-Baqarah/2:17-20, 74 dan 265. Hasil penelitian ditemukan bahwa persamaan nilai pendidikan Islam menurut Quraish Shihab dan Anwar Al-Baz yaitu (1) Nilai keimanan, kejujuran, hidayah (petunjuk), kasih sayang, kelembutan, kedermawanan, dan keikhlasan. (2) Kedua Mufassir banyak menguraikan nilai pendidikan akidah dan akhlak, persamaan ini terjadi dikarenakan kedua Mufassir mengambil sebagian rujukan pada kitab tafsir yang sama, salah satunya karya Sayyid Qutb. Adapun perbedaan nilai-nilai pendidikan menurut M. Quraish Shihab dan Anwar Al-Baz yaitu (1) Nilai pendidikan akhlak dalam QS. al-Baqarah/2:17-20, M. Quraish Shihab mengemukakan tentang sabar dan syukur, sedangkan Al-Baz tidak mengemukakan hal demikian. (2) Nilai pendidikan akidah (beriman terhadap petunjuk Allah) dalam QS. al-Baqarah/2:19-20. M. Quraish Shihab mengemukakan bahwa air hujan diumpamakan sebagai petunjuk yaitu al-Qur’an, sedangkan Al-Baz mengumpamakan air hujan dengan agama islam. (3) Nilai pendidikan ibadah dalam QS. al-Baqarah/2:265 tentang berinfaq, kedua Mufassir sepakat bahwa tujuannya meneguhkan jiwa dan meraih ridha Allah, namun Al-Baz menambahkan bahwa dengan gambaran perumpamaan tersebut harapannya agar manusia menginfakkan hartanya dengan tujuan memilih balasan yang akan diperoleh pada jangka panjang (akhirat), bukan balasan yang diperoleh pada jangka pendek (dunia).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 23 Oct 2023 00:23
Last Modified: 23 Oct 2023 06:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25110

Actions (login required)

View Item View Item