EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Program Life Skill dan Entrepreneurship pada Pondok Pesantren Darul Hijrah Kabupaten Banjar

Hikmah, Nurul (2023) Manajemen Program Life Skill dan Entrepreneurship pada Pondok Pesantren Darul Hijrah Kabupaten Banjar. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi upaya mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia di era industri 4.0, dapat ditempuh sejak mengenyam dunia pendidikan, yaitu dengan menciptakan pembelajaran berbasis life skill sejak di bangku sekolah, dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan khusus sejak dini, akan meningkatkan karakter entrepreneur. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan tentang manajemen program life skill dan entreprenurship pada sekolah Pondok Pesantren Darul Hijrah fokus penelitiannya adalah bagaimana program life skill dan entreprenurship pada sekolah Pondok Pesantren Darul Hijrah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian staf humas dan guru Pondok Pesantren Darul Hijrah, Objek penelitaian yaitu program life skill dan entreprenurship. Tekhnik analisa datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarik kesimpulan. Hasil dari penelitan ini adalah (1) program life skill dan entrepreneurship program tersebut meliputi kegiatan pembelajaran kaligrafi, dua bahasa, dan kewirausahaan. Dan LPK (2) Pengelolaan sumber daya meliputi sumberdaya manusia, sumberdaya financial, sumberdaya material, dan sumber daya sosial (3) Pelaksanaan program life skill dan entrepreneurship dilaksanakan di luar KBM dan saat KBM berlangsung, yaitu yang melibatkan para ustadz, santri dan alumni Pondok Pesantren Darul Hijrah. (4) Hasil dan implikasi program life skill dan entrepreneurship adalah, menjadikan masayarakat mampu berinovasi, mandiri dan berdampak positif terhadap masyarakat, seperti ustadz, santri alumni terutama terhadap kiai selaku pimpinan pondok yang mampu meraih beberapa prestasi dan penghargaan atas inovasi yang beliau ciptakan terhadap Pondok Pesantren Darul Hijrah serta berpengaruh postif terhadap pondok pesantren yang ada di Kabupaten Banjar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:10
Last Modified: 02 Nov 2023 03:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25267

Actions (login required)

View Item View Item