EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Historis Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Lirik Lagu Pangeran Suriansyah Ciptaan H. Anang Ardiansyah

Annisa, Annisa (2024) Nilai-Nilai Historis Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Lirik Lagu Pangeran Suriansyah Ciptaan H. Anang Ardiansyah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (190kB)

ABSTRAK

Nilai Historis adalah nilai kesejerahan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat, nilai historis memiliki banyak manfaat salah satunya dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan bermasyarakat sekarang hingga kehidupan yang akan datang. Nilai Pendidikan Islam adalah segala hal yang mengandung unsur positif yang berguna bagi manusia berupa aturan serta norma yang ada pada Al-Qur’an dan Hadits, tujuan Pendidikan Islam adalah untuk menciptakan manusia menjadi insan kamil. Pangeran Suriansyah adalah Raja pertama yang memeluk ajaran Islam di wilayah Kalimantan Selatan. H. Anang Ardiansyah merupakan seorang pencipta dan penyanyi lagu yang berasal dari Kalimantan Selatan. Semua lagu yang H. Anang Ardiansyah ciptakan memiliki nilai dan pesan yang terkandung didalamnya, salah satu lagu tersebut berjudul Pangeran Suriansyah. Melihat dari latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai historis dan nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam lirik lagu Pangeran Suriansyah ciptaan H. Anang Ardiansyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dengan metode hermeneutika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik survey kepustakaan, dokumentasi dan wawancara, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi yang diambil dari sumber data primer yaitu lirik lagu Pangeran Suriansyah yang relevan dengan nilai historis dan pendidikan Islam serta sumber data sekunder yaitu buku, jurnal, blog internet, youtube yang relevan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, lirik lagu Pangeran Suriansyah ciptaan H. Anang Ardiansyah secara keseluruhan mengandung nilai historis dan ada beberapa lirik lagu yang mengandung nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan Islam yang terkandung diantaranya nilai aqidah yang meliputi tauhid, nilai ibadah yang meliputi ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah, serta nilai akhlak yang meliputi toleransi dan akhlak kepada sesama manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:38
Last Modified: 18 Apr 2024 05:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26455

Actions (login required)

View Item View Item