EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Screening dan Monitoring Untuk Menanggulangi Pembiayaan Rahn Bermasalah (Studi Kasus KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai)

Ardiyat, Ardiyat (2024) Analisis Screening dan Monitoring Untuk Menanggulangi Pembiayaan Rahn Bermasalah (Studi Kasus KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan Keaslian tulisan.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

BTM Mujahidin Tumbang Sangai adalah salah satu jenis Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari‟ah (KSPPS) yang dikelola dibawah naungan yayasan Muhammadiyah. Konsep dan cara kerjanya sama dengan BMT pada umumnya. Termasuk juga produk-produk yang ada di dalamnya,baik produk Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Mudharabah, dan Rahn. Pembiayaan rahn salah satu produk yang diminati masyarakat sekitar untuk memberlakukan usaha mikro kecil menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sceerining dan monitoring dalam menanggulangi pembiayaan rahn bermasalah pada KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai. untuk mengetahui dampak sceerining dan monitoring dalam menanggulangi pembiayaan rahn bermasalah pada KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Sceerining dan monitoring dalam menanggulangi resiko kredit macet pada KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai adalah pengawasan yang dilakukan oleh KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai guna untuk mencegah terjadinya kredit macet adalah dengan melakukan on the spot atau kunjungan kepada debitur. Survey yang dilakukan oleh pengawas atau account officer maksimal 2 kali kunjungan yaitu pertama pada waktu melakukan permohonan kredit dan setelah pencairan kredit. Pengawasan dengan melakukan on the spot akan diperoleh data atau informasi yang sebenarnya tujuan dan maksud debitur melakukan permohonan kredit serta untuk memastikan penggunaan dari kredit tersebut. Dampak sceerining dan monitoring dalam menanggulangi pembiayaan rahn bermasalah pada KSPPS BMT Mujahidin Tumbang Sangai adalah pengawasan pembiayaan dapat diartikan sebagai salah satu fungsi manajemen yang berupaya untuk menjaga dan mengamankan pembiayaan itu sebagai kekayaan. Dan dapat mengetahui trems of lending suatu asumsi-asumsi sebagai dasar persetujuan pembiayaan tercapai atau terjadi penyimpangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:59
Last Modified: 15 Jul 2024 06:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27231

Actions (login required)

View Item View Item