EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Dakwah Dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Kota Amuntai

Rahmah, Ramzelia (2024) Strategi Dakwah Dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Kota Amuntai. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (798kB)

ABSTRAK

Penelitian ini di landasi pemikiran bahwa pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak usia dini dalam nilai-nilai moral, kesopanan, kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan sebagainya yang selanjutnya akan dapat membentuk kepribadian diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi dakwah yang diterapkan oleh pengurus Asrama Darul Hikmah Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Puteri dalam membentuk karakter santri di pondok dan kendala apa yang dihadapi pengurus Asrama Darul Hikmah dalam membentuk karakter santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengurus Asrama Darul Hikmah , Ustazah, dan Ketua Staff Asrama. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu analisis data yang dilakukan ndalam enelitian ini adalah pemadatan data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama Asrama Darul Hikmah Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Puteri mengembangkan beberapa strategi dakwah yang efektif, yaitu (1) Mengokohkan keyakinan (aqidah) para santri secara benar, (2) Menanamkan pemahaman yang tepat mengenai hukum Islam (syari'ah), (3) Mengembangkan pendidikan moral yang mulia (akhlak al�karimah), (4) Memperkenalkan para santri pada lingkungan sekitar agar membentuk jiwa yang peduli alam sekitar, (5) Membentuk karakter para santri melalui pengajian rutin, (6) Disiplin dalam beribadah, (7) Menunjukan penghormatan kepada orangtua, pengajar dan rekan, dan (8) berperilaku jujur dimanapun dan kapanpun. Kedua kendala yang dihadapi (1) Santriwati dengan latar belakang pergaulan bebas, (2) Kurangnya kedisiplinan, (3) Niat santriwati berbeda dengan orangtua, (4) Kurangnya Fasilitas yang memadai untuk mendukung kreativitas santriwati, (5) Keberadaan santriwati yang tidak tinggal diasrama menimbulkan rasa iri kepada santriwati yang tinggal di Asrama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:40
Last Modified: 24 Jul 2024 03:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27379

Actions (login required)

View Item View Item