EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Adab Guru (Telaah Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari)

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2024) Adab Guru (Telaah Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Adab guru merupakan aspek penting dalam konteks pendidikan yang mencerminkan nilai-nilai etika dan perilaku yang seharusnya dimiliki oleh seorang pendidik. Kehadiran adab guru tidak hanya mempengaruhi hubungan interpersonal antara guru dan murid, tetapi juga memainkan peran krusial dalam pembentukan karakter dan perkembangan spiritual murid. Tentunya hal itu menjadi tantangan di zaman sekarang karena adab mengalami kemerosotan, ini dapat dilihat dari banyaknya kasus terjadi dalam dunia pendidikan. Adanya oknum guru yang tersandung kasus, perilaku yang semakin hari tidak terkontrol seperti kekerasan seksual, bullying, korupsi, narkoba, dan lain-lain. Keteladanan yang seharusnya guru berikan namun semakin menghilang membuat dampak yang timbul begitu signifikan, terutama dalam konteks pembentukan karakter murid. Penelitian ini dilatarbelakangi karena merosotnya adab dalam dunia pendidikan terutama bagi seorang guru atau pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adab guru dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim yang berfokus pada adab guru terhadap diri sendiri, adab guru terhadap pelajaran, adab guru terhadap murid dan relevansinya terhadap pendidikan saat ini yang berfokus pada kompetensi guru seperti kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial serta kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan deskriptif guna memberikan deskripsi, penjelasan, dan validasi berkenaan masalah yang diteliti. Adapun teknik analisis, peneliti menggunakan analisis deskiptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengungkap dan mendeskripsikan suatu fenomena yang tengah diteliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terdapat adab guru yang berfokus pada dirinya sendiri terdiri dari 20 poin adab yang memuat nilai-nilai spiritual, mengarahkan tujuan profesinya kepada akhirat, menjaga harga diri, memberi keteladanan, dan meningkatkan serta mengembangkan pengetahuan, kemudian terhadap pelajarannya terdiri dari 12 adab yang diawali dari adab sebelum mengajar (ketika berada di rumah) sampai mengakhiri aktivitas mengajar, dan terhadap muridnya terdiri 14 poin adab yang diawali dengan niat mengajar dan hal-hal yang banyak berkaitan dengan murid. Selain itu adab guru menurut KH. Hasyim Asy’ari ini juga memiliki relevansi dengan kompetensi guru, yang mana adab tersebut banyak menekankan pada kompetensi kepribadian khususnya kepada nilai spiritual dan keteladanan, kemudian profesional, pedagogik dan terakhir sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:03
Last Modified: 29 Jul 2024 08:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27563

Actions (login required)

View Item View Item