EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Sekolah Alam (Studi Multi Situs pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dan SD Alam Muhammadiyah Indrasari)

Wahyuddin, Erwansyah (2024) Manajemen Sekolah Alam (Studi Multi Situs pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dan SD Alam Muhammadiyah Indrasari). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (613kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (790kB)

ABSTRAK

Sekolah alam berusaha membangun kemampuan dasar anak yang membuatnya proaktif dan adaptif. Memiliki kesadaran terhadap lingkungan dengan karakter yang muncul dan diperkuat. Proses belajar di alam berlangsung dengan menyenangkan di alam terbuka. Peserta didik akan mengalami perkembangan baik dari segi fisik, psikis, sosial maupun spiritual. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang kegiatan manajerial sekolah alam. Terdiri dari perencanaan; pengorganisasian; pelaksanaan; pengawasan; evaluasi sekolah alam pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dan SD Alam Muhammadiyah Indrasari. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi dalam manajemen sekolah alam. Tantangan tesebut diantaranya keterbatasan dana, kualitas dan kuantitas SDM, resistensi terhadap perubahan dari masyarakat serta peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada 2 sekolah alam Muhammadiyah yaitu SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dan SD Alam Muhammadiyah Indrasari. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua siswa. Objek dalam penelitian ini adalah manajemen sekolah alam Muhammadiyah dalam mengembangkan karakter kepemimpinan peserta didik pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dan SD Alam Muhammadiyah Indrasari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan teknik dokumen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan sekolah alam Muhammadiyah Banjarbaru dan Indrasari melakukan self-audit dengan melakukan pendalaman konsep sekolah alam dengan kerangka adiwiyata dan panduan JSAN; menentukan tujuan dengan empat unsur pendidikan muhammadiyah akhlak, logika pikir, kepemimpinan dan kewirausahaan;; mengubah dan menyesuaikan rencana dengan keuntungan lembaga pendidikan swasta yang fleksibel, (2) Pengorganisasian dilakukan oleh SDM dengan panduan LPJ dan pembagian dari kepala sekolah dengan visi misi yang sama, (3) Dalam pelaksanaan, melakukan berbagai kegiatan dan program yang bertujuan untuk mengembangkan karakter kepemimpinan peserta didik, (4) Dalam pengawasan belum menentukan acuan yang jelas, (5) Dalam evaluasi belum terdapat sistematika dan tujuan secara jelas; terdapat LPJ dan rapat pekanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:40
Last Modified: 26 Aug 2024 07:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27758

Actions (login required)

View Item View Item