EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kontribusi Pola Asuh Kenabian terhadap Kesepian Remaja di SMPN 2 Kabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hilir

Tiriyakut, Tiriyakut (2024) Kontribusi Pola Asuh Kenabian terhadap Kesepian Remaja di SMPN 2 Kabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hilir. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (945kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (724kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Kesepian sangat rentan pada remaja tengah dikarenakan remaja tengah masih dalam proses pencarian jati diri. Remaja kesepian tentu memiliki permasalahan dengan orang lain, “baik itu tidak dianggap” atau “tidak di perhatikan” dan merasa tidak ada yang mau berteman dengan mereka. Maka dari itu perlu ada peran orang tua baik dari sudut Pendidikan ataupun dari sudut pola asuh kenabian terhadap anak itu sendiri, mengenai bagaimana ke depan menghadapi setiap permasalahan agar anak tidak merasa sendiri (kesepian) atau merasa dikucilkan oleh orang disekitarnya. Konsep pola asuh kenabian berpandangan bawah tingkah laku anak di waktu mendatang merupakan pencerminan orang tua juga pola pendidikan yang orang tua terapkan di keluarga. Oleh karena itu peneliti mengambil judul kontribusi pola asuh kenabian terhadap kesepian di SMPN 2 Kabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Ada terdapat dua variabel pada penelitian ini, yaitu variabel terikat “pola asuh kenabian” dan variabel bebas “kesepian remaja”. Metode product moment, yaitu memberikan peluang bagi setiap responden yang terpenuhi klasifikasi sebagai responden peneliti dengan jumlah 85 remaja. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa (1) tingkat pola asuh pada remaja di SMPN 2 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu berada pada tingkat sedang sebesar 79,4%. (2) Sedangkan tingkat kesepian remaja di SMPN 2 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu berada pada tingkat tinggi dengan kesepian 100,0%. (3) Untuk kontribusi antara kedua variabel pola asuh kenabian dengan kesepian remaja memiliki kontribusi dengan p 0,00-0,199. Namun, kontribusi yang dimiliki sangat dan rendah. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kaitan yang sangat rendah antara pola asuh kenabian terhadap kesepian remaja di SMPN 2 Kabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hilir. Adapun hubungan tanda negatif yang didapat dari tabel Koefisien Regresi yaitu -0,126 hasil ini menunjukan arah dari kontribusi antara dua variabel tersebut. Apabila dilihat dari arah hubungan negatif tersebut artinya apabila pola asuh kenabian tinggi maka kesepian akan menurun dan sebaliknya jika pola asuh kenabian rendah maka kesepian juga meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Psikologi Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:24
Last Modified: 10 Sep 2024 07:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27850

Actions (login required)

View Item View Item