EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan Perspektif Maqashid Syariah (Studi pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin)

Rochman, Fatchur (2024) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan Perspektif Maqashid Syariah (Studi pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (943kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan dan sumber daya alam berlimpah seharusnya tidak akan ada kemiskinan di Indonesia merdeka Namun Kenyataannya sekarang, berbagai perusahaan dan pemilik modal telah mengeksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran, dan seiring dengan semakin meningkatnya kegiatan usaha ternyata telah berdampak terhadap kerusakan alam. Banyak ditemukan masyarakat sekitar perusahaan yang jauh dari kata sejahtera mereka pekerja rentan yang penghasilannya pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka hidup di bawah garis kemiskinan. Untuk mewujudkannya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pemerintah hadir dengan membuat segenap perangkat peraturan-peraturan seperti UU Tentang CSR, UU tentang Sistem Jaminan Sosial, UU tentang Penanaman Modal dll. Dalam teori Utilitarian bahwa UU dikatakan berhasil jika bisa membuat banyak orang senang, dalam perspektif Maqashid syariah disebutkan pula bahwa tujuan hukum adalah ketika bisa memberikan kemaslahatan bagi banyak orang. Ada suatu fenomena baru berupa GN Lingkaran yang diinisiasi oleh BPJS Ketenagakerjaan membuat suatu wadah bagi perusahaan untuk menyalurkan dana CSR ke para pekerja rentan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan bentuk lain dari asuransi yang jika dilihat dari hukum islam masih dipertentangkan kehalalannya. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana implementasinya jika dilihat dari perspektif maqashid syariah karena ingin melihat tujuan hukumnya tercapai atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau studi kasus yang mengambil objek penelitian di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batuliicn yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Pemilihan Lokasi ini merupakan suatu contoh Gambaran konkret tentang eksploitasi sumber daya alam yang cukup besar sedangkan di sekelilingnya masih banyak ditemukan masyarakat di bawah garis kemiskinan. Penelitian mencoba membandingkan antara teori dengan fakta di lapangan. Hasil penelitian ini menujukkan GN Lingkaran Peduli Pekerja Rentan jika dilihat dari perspektif maqashid syariah (agama, jiwa, akal, keturunan dan harta) sesuai dengan tujuan hukum syariah dibuat yaitu terwujudnya kemaslahatan yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat. Namun masih ada kekurangan, cakupan program kurang luas, tidak tercovernya para pekerja rentan dan keluarganya pada Program BPJS Kesehatan dan Program JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS ketenagakerjaan. Hal ini lebih disebabkan karena keterbatasan dana CSR, faktanya perusahaan lebih memilih cakupan jumlah peserta yang lebih luas. Dalam perspektif Maqashid Syariah ini merupakan perwujudan solidaritas sosial meningkatkan kesejahteraan manusia dan usaha menghilangkan kesenjangan antara miskin dan kaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 17 Sep 2024 00:52
Last Modified: 19 Sep 2024 01:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27865

Actions (login required)

View Item View Item