EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di MTsN 1 Banjarmasin

Yanti, Sarly (2024) Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di MTsN 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (733kB)
[img] Text
Abstrak .pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (178kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latarbelakang Rendahnya kinerja guru dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya ketidakdisplinan perilaku guru dan rendahnya kesejahteraan. Hal ini dikarenakan banyak guru-guru yang tidak hanya fokus pada satu profesi saja. Alasan seorang guru mencari pekerjaan sampingan ialah minimnya gaji guru sehingga seorang guru memutuskan untuk mencari mata pencarian lain guna mencukupi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di MTsN 1 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Desain ini di gunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa memanipulasinya. Sampel penelitian ini memilih 27 guru secara acak atau berdasarkan kriteria tertentu untuk mewakili populasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki peran penting dalam mempengaruhi motivasi dan kinerja guru di MTsN 1 Kota Banjarmasin. Budaya organisasi di sekolah ini dinilai positif oleh mayoritas guru, dengan elemen-elemen seperti keterlibatan karyawan, konsistensi nilai, kemampuan beradaptasi, dan misi yang jelas menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara budaya organisasi dan kinerja guru, dengan nilai korelasi sebesar 0,890. Analisis regresi linier sederhana memperlihatkan bahwa budaya organisasi menyumbang 79,2% terhadap kinerja guru, sedangkan 20,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain itu, uji hipotesis menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas kinerja guru, dengan nilai t hitung 9,754 lebih besar dari t tabel 2,059. Sebanyak 70,4% guru sangat setuju bahwa budaya organisasi di MTsN 1 Banjarmasin mendukung kinerja mereka, meskipun ada elemen budaya negatif yang diakui sebagian kecil guru, dampaknya tidak signifikan terhadap kinerja. Secara keseluruhan, budaya organisasi di sekolah ini dikategorikan sebagai "Budaya Kinerja" (Performance Culture) yang mendorong peningkatan motivasi dan kinerja guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:40
Last Modified: 23 Sep 2024 03:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27873

Actions (login required)

View Item View Item