EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTsN 1 Kota Banjarmasin

Kasmasari, Julia (2018) Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTsN 1 Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Julia Kasmasari. 2018. PengaruhKecerdasan Spiritual terhadapPrestasiBelajarSiswa Mata PelajaranAkidahAkhlakMTsN 1 Kota Banjarmasin.Skripsi, JurusanPendidikan Agama Islam, FakultasTarbiyahdanKeguruan.Pembimbing: (I) Dr. H. YahyaMof, M.Pd., (II) Jamal Syarif., M.Ag. Kata Kunci: Pengaruh, Kecerdasan Spiritual, danPrestasiBelajar Penelitian ini bertolak dari adanya berbagai kegiatan keagamaan yang bisa meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di sekolah, ternyata masih ada sebagian siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini ada 2 variabel, yaitu kecerdasan spiritual sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MTsN 1 Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalampenelitianinidikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, dokumentasi, wawancara,dan observasi. Setelah data terkumpul, kemudian data diolah dengan menggunakanteknikediting, koding, scoring,tabulating,daninterpretasi data. Sedangkan untukmenganalisis data digunakananalisis pendahuluan uji asumsi klasik, analisis data deskriptif, dan analisis data inferensial. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 1 Kota Banjarmasin yang berjumlah 477 orang. Sedangkan yang menjadisampeldalampenelitianiniadalah 35,34% atausebanyak 170 siswadengantekniksimple random sampling.Sedangkan untuk menguji hipotesis, penulis menggunakan analisis korelasi triserial. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata ditemukan: Pertama, tingkat ke-cerdasan spiritual siswa yaitu tinggi dengan rata-rata sebesar 73,82, sedangkan tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu baik sekali dengan rata-rata sebesar 81,98. Kedua, terdapat pengaruh yang bernilai negatif dengan koefisien -0,029 yang menunjukkan daya pengaruh yang sangat rendah. Besarnya pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,084% dengan persentase rendah sekali. Ketiga, nilai rxylebih kecil daripada taraf kepercayaan 5% dan 1%, yakni -0,029 < 0,148, dan -0,029< 0,194, sehingga hal inimenunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MTsN 1 Kota Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ruang Multimedia
Date Deposited: 07 Jun 2018 03:10
Last Modified: 07 Jun 2018 03:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item View Item