EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Syeikh Burhanuddin Al- Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim

Maisarah, Suci (2018) Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Syeikh Burhanuddin Al- Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (409kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (352kB)

ABSTRAK

Pendidikan karakter yang seimbang dan harmonis dalam kehidupan akan mewujudkan kelanggengan lahir dan batin. Pendidikan karakter ini mendapat perhatian serius dari seorang ulama besar salah satunya Burhanuddin al-Zarnuji, dengan karya monumentalnya yaitu kitab Ta’līm al-Muta’allim. Tesis ini bertujuan mengetahui konsep pendidikan karakter siswa perspektif Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim dan relevansi konsep pendidikan karakter tersebut dengan khazanah keilmuan pendidikan modern. Tesis ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan. Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian perpustakaan dengan menggunakan pendekatan historis, edukatif. Adapun analisis data yang penulis gunakan adalah analisis isi secara deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan konsep pendidikan karakter menurut Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji. Dasar Pendidikan, Syeikh Burhanuddin al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim menekankan aspek nilai adab, baik adab bathiniah maupun adab lahiriah. Kitab ini mengajarkan bahwa pendidikan bukan sekedar transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun paling penting adalah transfer nilai adab. Dalam perspetif pendidikan karakter, kitab ini memaparkan konsep pendidikan Islam secara utuh, tidak dikotomik. Metode Pendidikan Karakter. Dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim Syeikh al-Zarnuji merumuskan sejumlah metode penting dalam pembentukan karakter, yang mencakup adab batin dan lahir. Pertama, metode Ilqa’ Al-nasihah (pemberian nasehat), Kedua, metode Mudzakarah (saling mengingatkan), Ketiga, strategi pembentukan mental jiwa. Dalam metode ini ditekankan beberapa aspek yaitu; niat, menjaga sifat wara’, istifadah (mengambil faedah guru), dan tawakal. Syeikh al-Zarnuji menjelaskan, sukses dan gagalnya pendidikan Islam tergantung dari benar dan salahnya dalam niat belajar.Hakekat dan tujuan pendidikan, menurut Islam yakni mencetak manusia yang baik, sebagaimana dirumuskan oleh banyak ulama termasuk Al-Zarnuji. Macam-macam karakter menurut Al-Zarnuji, dalam kitab Ta’limul al-Muta’lim ini adalah pendidikan tasawuf yang cenderung kepada pokok ajaran tasawuf akhlaki antara lain: 1) Taubah, 2) Zuhd, 3) Sabar 4) Tawakkal 5) Tawadhu’ dan Wara’ Relevansi konsep pendidikan karakter Syeikh Burhanuddin al-Zarnuji dengan khazanah keilmuan pendidikan modern diharapkan agar anak didik menjadi manusia yang berperilaku baik di lingkungannya. Dengan sikap ta’dzim yaitu: Apabila duduk di depan guru selalu sopan, selalu mendengarkan perkataan guru, selalu melaksanakan perintah guru, berfikir sebelum berbicara dengan guru, selalu merendahkan diri kepadanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 13 Sep 2018 05:19
Last Modified: 13 Sep 2018 05:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item