EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Plus (Studi Kasus di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru)

Safitri, Syaumi (2021) Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Plus (Studi Kasus di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (674kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

ABSTRAK

Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang memanajemen pembiayaan pendidikan di sekolah plus di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru yang meliputi: perencanaan, pengadaan, pendistribusian, pelaksanaan, pembukuan, pengawasan dan pelaporan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data mulai menelaah seluruh data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang berhubungan dengan manajemen pembiayaan pendidikan di sekolah plus di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah pengawas yayasan, kepala sekolah, bendahara sekolah dan wakil kepala sekolah urusan humas/keagamaan. Objek dalam penelitian ini adalah meneliti tentang proses dan hasil pada manajemen pembiayaan pendidikan di SD Plus Citra Madinatul Ilmi, Banjarbaru. Hasil penelitian ini yaitu pada proses perencanaan di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru dilakukan secara sistematis dan mengedepankan skala prioritas. RKAS yang digunakan adalah bentuk program budget system. Format RKAS mengacu pada 8 Standar Pendidikan Nasional. Sekolah melibatkan komite dan perwakilan orang tua murid dalam pengambilan keputusan. Pengadaan anggaran pendidikan berasal dari pemerintah, orang tua dan wirausaha sekolah. Pendistribusian anggaran pendidikan dilakukan dengan adil dan merata sesuai kebutuhan masing-masing mengacu pada RKAS. Pelaksanaan anggaran pendidikan yang dilakukan telah mengikuti Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam pelaksanaan ini sekolah memiliki kecerdasan yang mumpuni dalam memilih barang/jasa yang tepat. Pembukuan keuangan pendidikan dilakukan dengan kelengkapan administrasi dan sarana prasarana. Pengawasan dan pertanggungjawaban anggaran pendidikan dilaksanakan oleh kepala sekolah, yayasan dan dinas pendidikan kota secara rutin dan berkala. Prinsip yang digunakan amanah, akuntabel dan transparan sehingga terjalin hubungan baik antar sekolah dan orang tua murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:25
Last Modified: 27 Jan 2021 02:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item