EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perlindungan Hukum Terhadap Penggunaan Peer to Peer Lending Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi pada PT.Ammana Fintek Syariah)

Sari, Ayu Puspita (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Penggunaan Peer to Peer Lending Berdasarkan Prinsip Syariah (Studi pada PT.Ammana Fintek Syariah). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (693kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (607kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (478kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Financial Technology (Fintech) berasal dari istilah financial technology atau teknologi finansial. Dikutip dari The National Digital Research Centre (NDRC), mengartikan fintech sebagai “ innovation in financial services” yaitu sebuah inovasi financial yang menggunakan teknologi yang canggih dan modern, menurut data OJK per 8 April 2019 ada 106 perusahaan fintek lending yang berizin dan terdaftar. Peran fintek ini sangatlah besar untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karena dapat meminimalkan biaya operasional selain itu juga dapat mengakses pembiayaan ke perbankan, dari data statistik fintek OJK periode Januari 2020 didapatkan data pengguna fintek meningkat sebesar 10,38% dari 18.569.123 pengguna menjadi 20.497.167 Jenis penelitian ini penelitian hukum normatif dimana penelitian yang dilakukan adalah dengan meneliti bahan hukum kepustakaan. Dengan sifat penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu adanya argumentasi penulis tentang hasil penelitian yang telah dilakukan baik berupa deskripsi atau penilaian tentang sesuatu yang benar maupun yang salah berdasarkan bahan hukum yang telah dikumpulkan dari fakta dan kejadian dari hasil penelitian sehingga penulis nanti akan memberikan argumentasi dari hasil penelitian terkait bagaimana perlindungan hukum terhadap penggunaan peer to peer landing pada PT.Ammana Fintek Syariah. Hasil penelitian ini bahwa PT.Ammana Fintek syariah sebagai penyelenggara layanan pembiayaan berbasis teknologi sudah sesuai dengan ketentuan syariah, yang menerapkan prinsip bebas riba, gharar, maysir, tadlis, dan dharar. Akad perjanjian pembiayaan yang dijalankan pada PT.Ammana Fintek syariah menggunakan akad al ba’i, mudharabah, musyarakah, wakalah, dan wakalah bil ujrah. Perlindungan konsumen dalam penelitian ini sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan POJK No.77/POJK.01/2016 tentang Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yaitu dalam akad perjanjian pembiayaan digital mencantumkan informasi yang jelas, lengkap, terperinci dan secara transparan. Selain itu bentuk perlindungan PT.Ammana Fintek syariah kepada penggunanya yaitu dengan adanya laporan perkembangan secara berkala kepada pemberi dana atas progress usaha melalui email pribadi pengguna, dan menjaga kerahasiaan dan keamanan data informasi pribadi para pengguna PT.Ammana Fintek syariah sehingga para pihak tetap merasa aman, nyaman dan transaparan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Ayu puspita sari Sari
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:30
Last Modified: 16 Mar 2021 01:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item