EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN DAN PRODUK RAHN (GADAI EMAS) PADA UNIT PEGADAIAN SYARIAH SUNGAI ANDAI

Fahmi, Khairul (2021) KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN DAN PRODUK RAHN (GADAI EMAS) PADA UNIT PEGADAIAN SYARIAH SUNGAI ANDAI. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (561kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya gejala ketidakpuasan nasabah terhadap pelayanan dan produk Rahn (Gadai Emas) pada Unit Pegadaian Syariah Sungai Andai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas pelayanan yang diberikan karyawan kepada nasabah produk Rahn (Gadai Emas) Unit Pegadaian Syariah Sungai Andai. (2) Kepuasan nasabah terhadap pelayanan Unit Pegadaian Syariah Sungai Andai. (3) Faktor-faktor yang menentukan kepuasan nasabah terhadap produk Rahn (Gadai Emas) pada Unit Pegadaian Syariah Sungai Andai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan penelitian diskriptif-kualitatif. adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskritif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Unit Pegadaian Syariah Sungai Andai. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, dari 7 orang nasabah yang selaku nasabah produk Rahn (Gadai Emas) merasa puas dengan pelayanan karyawan yang selalu ramah dan sopan kepada nasabah. Karyawan memberikan penjelesan dan pemahaman yang baik mengenai produk Rahn (Gadai Emas) kepada nasabah sehingga nasabah benar-benar dengan sistemnya. .Kedua, dari 7 orang nasabah yang telah diwawancarai terdapat 5 orang nasabah yang merasa puas dengan layanan fasilitas yang diberikan dan prosedurnya pun cukup mudah dan tidak terlalu sulit namun terdapat 2 orang nasabah yang merasa kurang puas dengan fasilitas layanan seperti tempat parkir yang disediakan kurang luas sehingga nasabah kesulitan dalam memarkirkan atau memindahkan kendarannya. Ketiga, faktor-faktor yang menjadi penentu dalam kepuasan nasabah ialah pelayanan yang cepat dan prosedur yang diberikan oleh karyawan tidak terlalu rumit pada Unit Pegadaian Syariah Sungai Andai dalam proses pencairan pinjaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:54
Last Modified: 01 Jul 2021 01:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item View Item