EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 4 Barito Kuala

Thaher, M. Hamdan (2021) Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 4 Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (918kB)

ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlakul karimah siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlakul karimah siswa di MAN 4 Barito Kuala. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan langsung ke obyek penelitian. Metode yang digunakam dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat kuantitatif yaitu menyampaikan fakta atau mendiskripsikan data dengan statistik untuk menunjukkan hubungan dua variabel. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MAN 4 Barito Kuala, di mana dalam pengambilan sampelnya dilakukan dengan purposive sample/sampel bertujuan sehingga diperoleh sampel sebanyak 63 siswa, sedangkan instrument yang digunakan adalah koesioner yang telah dikembangkan. Untuk menghitung validitas angket dengan bantuan dari aplikasi SPSS 25.00 for Windows dimana hasil perhitungan reliabilitas rxy dikonsultasikan dengan harga r tabel dengan taraf signifikansi 5%. Jika harga rxy dihitung lebih besar dari r tabel, maka dikatakan item soal atau instrument tersebut valid dengan nilai validitas 0,254. Sedangkan untuk mencari reliabilitas dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus alpha dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlakul karimah siswa menggunakan analisis regresi linier sederhana yang dibantu oleh aplikasi SPSS 25.00 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh angka koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,705, kemudian angka tersebut di interpretasi secara kasar atau sederhana, ternyata terletak antara 0,600 < 0,800 yang dapat dinyatakan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y tergolong tinggi. Sedangkan dalam interpretasi dengan berkonsultasi terhadap Tabel Nilai r Product Moment, ternyata angka koefisein korelasi (rxy) lebih tinggi dari pada r tabel (rt) baik pada taraf signifikansi 95% maupun pada taraf signifikansi 99%. Jadi, Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ada hubungan yang signifikan antara kegiatan keagamaan dengan akhlakul karimah siswa. Di samping itu, berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS diketahui juga terdapat hubungan antara kegiatan keagamaan dengan akhlakul karimah siswa. Mengacu dari hasil penelitian tersebut di mana terdapat pengaruh antara kegiatan keagamaan terhadap akhlakul karimah siswa, maka penulis mengajukan saran agar kegiatan keagamaan di sekolah lebih ditingkatkan. Kegiatan keagamaan ini sedikit banyaknya telah menyumbang peranan dalam membentuk akhlakul karimah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 26 Jul 2021 00:16
Last Modified: 26 Jul 2021 00:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16550

Actions (login required)

View Item View Item