EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tahsîn Qirâ‟at Al-Qur`an dengan Metode At-Tibyân di Sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin

Rani, Rani (2021) Tahsîn Qirâ‟at Al-Qur`an dengan Metode At-Tibyân di Sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Sekolah Tahfizh AtTibyan Banjarmasin Seorang muslim harus mampu membaca ayat-ayat Al-Qur`an dengan baik sesuai dengan diajarkan oleh Rasulullah Saw. Tahsîn qirâ`at Al-Qur`an harus dimulai sejak dini dengan metode yang tepat salah satunya metode At-Tibyân untuk tahsîn qirâ`at Al-Qur`an yang disusun oleh Syekh Abdurrahman Bakr memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri yakni berbahasa arab dan contoh bacaan pada kitab metode At-Tibyân diambil dari Al-Qur`an. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merumuskan ke dalam dua pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode At-Tibyân untuk tahsîn qirâ`at Al-Qur`an bagi siswa sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin? (2) Bagaimana hasil tahsîn qirâ`at Al-Qur`an siswa setelah menggunakan metode At-Tibyân di sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin? Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif . Subjek penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, ustadz/ustadzah, siswa dan semua pihak di sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin. Objek Penelitian dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan penerapan metode At-Tibyân untuk tahsîn qirâ`at Al-Qur`an bagi siswa dan hasil tahsîn qirâ`at Al-Qur`an siswa setelah menggunakan metode At-Tibyân di sekolah Tahfizh At-Tibyan Banjarmasin).Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16. Teknik penelitian data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan tes. Hasil temuan peneliti menunjukkan Para ustadz dan ustadzah dalam menerapkan metode At-Tibyân untuk tahsîn qirâ`at Al-Qur`an bagi siswa sekolah yakni kitab At-Tibyân fî Itqôni Al-Qirâ`ati bi Al-Qur`an Juz al-Awwal berpedoman dengan kitâbul Mu‟alim At-Tibyân Ta‟limi Al-Qirâ`ati bi Al-Qur`an Juz al-Awwal, namun pedoman ini dikreasikan, diinovasi oleh ustadz, ustadzah, maupun sekolah. (1) Pelaksanaan Tahsîn terdiri dari Kegiatan Awal, Kegiatan Inti dan Kegiatan Akhir. Adapun pelaksanaan daring tidak ada perbedaan dalam pelaksanaan, hanya saja karena melalui aplikasi zoom sehingga tidak bisa melakukan tahajji dan mubasyarah secara bersama-sama. Sebagian besar Siswa dapat mentahajji dan mubasyarah (membaca langsung) kata dan ayat Al-Qur`an di dalam kitab At-Tibyân fî Itqôni Al-Qirâ`ati bi Al-Qur`an Juz al-Awwal. Dan Hasil tes tahsîn qirâ`at Al-Qur`an siswa memperoleh nilai rata-rata 89, dengan demikian kemampuan membaca siswa di Sekolah Tahfizh At-Tibyan tergolong kategori baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2021 01:42
Last Modified: 03 Aug 2021 01:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16731

Actions (login required)

View Item View Item