EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Religius dan Sosial di Kalangan Remaja Pelajar di Kalimantan Selatan

Murjani, Murjani (2021) Nilai-Nilai Religius dan Sosial di Kalangan Remaja Pelajar di Kalimantan Selatan. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf.pdf

Download (418kB)
[img] Text
2. Awal.pdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I Pendahuluan. pdf..pdf

Download (525kB)
[img] Text
5. BAB II Tinjauan Teoritis.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
6. BAB III Gambaran Umum daerah dan Remaja.pdf..pdf

Download (582kB)
[img] Text
7. BAB IV Hasil dan Laporan Penelitian.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V Produk Akhir dan Pembahasan Penelitian.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. BAB VI Penutup. pdf.pdf

Download (193kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (455kB)
[img] Text
11.Lampiran.pdf

Download (232kB)

ABSTRAK

Falsafah hedonisme berkembang pesat di daerah ini mempengaruhi pola hidup, hal ini ditandai dengan Pergeseram nilai religious dan berdampak pada nilai-nilai sosial di kalangan remaja. Fokus penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai religius di kalangan remaja pelajar di Kalimantan Selatan, 2) Nilai-nilai sosial di lingkungan remaja pelajar di Kalimantan Selatan. Hasil Penelitian: 1) Nilai-nilai Religius. a) Nilai-nilai religius yang dimiliki dan berkembang pada remaja pelajar di Kalimantan Selatan pada dasarnya berorientasi formalistik (menggugurkan kewajiban) yang dipengaruhi oleh adanya faktor dorongan dari orang tua di rumah maupun guru di sekolah serta perasaan ikatan sosial dengan teman terdekat (peer group), b) Belajar agama lewat media sosial, seperti Youtube, Facebook, WhatsApp, Twitter. c) Remaja dalam mengkaji agama secara langsung atau tidak langsung pada intisari mencari ilmu agama lebih berorientasi pada penghibur jiwa. d) Perubahan nilai religius nampak pada kegiatan ibadah seperti sholat dan puasa. Dalam konteks ini, secara keseluruhan pelaksanaan salat siswa di Banjarmasin, Martapura dan Balangan masih ada yang belum melaksanakan secara sepenuhnya dengan berbagai alasan. e) Fenomena buka puasa bersama dan nongkrong di rumah-rumah makan ini bahkan mengalahkan kegiatan sholat tarawih di masjid-masjid ataupun di mushalla-mushalla. f) Dilihat dari faktor perubahan nilai religius yang terjadi pada remaja diantaranya yaitu: Lingkungan Sosial, Pengetahuan dan Didikan Orang Tua, Pengaruh Lingkungan Sosial, dan Pendidikan di sekolah. 2) Nilai-Nilai Sosial. Nilai-nilai sosial yang berkembang pada diri remaja berdasarkan pada kesetiaan komunitasnya tidak berlandaskan pada motivasi komunitas masyarakat di lingkungannya. b) Nilai penghormatan pada guru direpresentasikan melalui bahasa “gaul” dan bahasa populer atau simbol di kalangan remaja melinial. c) Interaksi dan kohesi sosial dikalangan remaja pelajar dominan dilakukan melalui dunia virtual, sangat kecil dilakukan komunikasi tatap muka secara langsung. d) Muamalah dikalangan remaja dominan dilakukan melalui media sosial, sehingga mereka sibuk dengan gawainya walaupun berkumpul dalam satu tempat. e) Perubahan nilai sosial pada remaja tentunya dipengaruhi oleh beberapa seperti pengaruh media sosial, gaya hidup dan pemahaman agama. f) Kebutuhan manusia bertambah, yaitu pentingnya handphone, pulsa, kouta. Bahkan sebagian remaja lebih mementingkan memiliki kouta dibandingkan membelajankannya untuk makan dan minum. Artinya remaja lebih berhemat untuk makan demi dapat membeli pulsa dan kouta.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:43
Last Modified: 20 Oct 2022 03:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item View Item