EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANTARA SANTRIWATI MUKIM DAN SANTRIWATI TIDAK MUKIM PADA KELAS 2 TSANAWIYAH DIPONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTERI BANJARBARU.

ARIANTI, SUSAN (2022) PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANTARA SANTRIWATI MUKIM DAN SANTRIWATI TIDAK MUKIM PADA KELAS 2 TSANAWIYAH DIPONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTERI BANJARBARU. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN - Susan Arianti.pdf

Download (345kB)
[img] Text
AWAL - Susan Arianti.pdf

Download (869kB)
[img] Text
ABSTRAK - Susan Arianti.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I - Susan Arianti.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB II - Susan Arianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III - Susan Arianti.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV - Susan Arianti.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB V - Susan Arianti.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Susan Arianti.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Susan Arianti.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Banyak sekali stigma yang berkembang di masyarakat bahwa para remaja yang sekolah atau menimba ilmu di pondok pesantren lebih mandiri dibandingkan para remaja yang tidak sekolah di pondok pesantren. Bahkan juga munculnya stigma lain antar santriwati yaitu banyak yang beranggapan bahwa santriwati mukim lebih mandiri dibandingkan santriwati tidak mukim. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kemandirian pada santriwati mukim dan santriwati tidak mukim serta untuk mengetahui perbedaan kemandirian antara santriwati mukim dan santriwati tidak mukim pada kelas 2 tsanawiyah di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian komparatif dengan menggunakan skala kemandirian menurut Steinberg. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t-tes. Responden dalam penelitian ini adalah santriwati kelas 2 tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru yang berjumlah 60 responden yang terdiri dari 30 santriwati mukim dan 30 santriwati tidak mukim. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan penelitian ini, maka didapatkan hasil: 1) Pada santriwati mukim memiliki kemandirian dengan kategori tinggi sebesar 11,6%, kategori sedang 36,6% dan kategori rendah 1,6%. 2) Pada santriwati tidak mukim terdapat kemandirian kategori tinggi sebesar 6,6%, kategori sedang 38,3% dan kategori rendah 5%. 3) sedangkan untuk perbandingan antara santriwati mukim dan tidak mukim diketahui tidak terdapat perbedaan kemandirian yang signifikan antara santriwati mukim dan santriwati tidak mukim di Pondok Pesantren Al-Falah Puteri Banjarbaru dengan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,139 > 0,05,.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:00
Last Modified: 08 Feb 2022 03:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item