EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLIKASI KEHADIRAN MAJELIS TA’LIM NURUL MUSTHOFA TERHADAP SEMANGAT KEBERAGAMAAN REMAJA DI KECAMATAN BATU AMPAR

Putri, Gita Melinda (2022) IMPLIKASI KEHADIRAN MAJELIS TA’LIM NURUL MUSTHOFA TERHADAP SEMANGAT KEBERAGAMAAN REMAJA DI KECAMATAN BATU AMPAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
AWAL SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kesadaran tentang wajib menuntut ilmu diwujudkan dalam bentuk kegiatan nyata dalam masyarakat yang disebut Majelis Ta’lim. Majelis Ta’lim merupakan lembaga pendidikan non formal Islam yang memiliki kurikulum tersendiri yang diselenggarakan secara berkala dan teratur yang bertujuan untuk membina semua umat muslim. melihat kondisi remaja yang berperilaku belum sesuai dengan ajaran Islam, seperti mencuri, mabuk-mabukan nongkrong sampai larut pagi dan sebagainya, maka penanaman nilai keagamaan sangatlah penting bagi mereka. melalui kehadiran majelis ta’lim ini akan meningkatkan semangat keberagamaan para remaja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implikasi kehadiran Majelis Ta’lim Nurul Musthofa terhadap semangat keberagamaan remaja di Kecamatan Batu Ampar serta minat remaja terhadap kehadiran Majelis Ta’lim Nurul Musthofa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah khodimul majelis dan remaja majelis, objek pada penelitian ini adalah Majelis Ta’lim sebagai lembaga pendidikan nonformal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. lalu teknik pengolahan datanya melalui editing data, klasifikasi data, dan interpretasi data. sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implikasi kehadiran Majelis Ta’lim Nurul Musthofa ini sangat baik dalam meningkatkan semangat keberagamaan remaja di Kecamatan Batu Ampar antara lain: membentuk remaja yang beriman, berakhlak dan bertakwa, menambah pengalaman dan dan ilmu pengetahuan, meningkatkan semangat ibadah. Adapun minat remaja terhadap kehadiran majelis ta’lim disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: sosok latar belakang khodimul majelis, dorongan dan semangat dari orang tua, pengaruh dari teman dan lingkungannya, program kegiatan majelis ta’lim dan dorongan dari diri sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:25
Last Modified: 04 Aug 2022 02:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20076

Actions (login required)

View Item View Item