EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektifitas Upaya Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Kota Banjarmasin Selama Masa Pandemi COVID-19

Razzak, Irfan Noor (2023) Efektifitas Upaya Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Kota Banjarmasin Selama Masa Pandemi COVID-19. Skripsi, Syariah.

[img] Text
pernyataan scan.pdf

Download (264kB)
[img] Text
AWALAN Scn.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai dampak terhadap tatanan kehidupan di masyarakat, tak terkecuali terhadap kaum perempuan di kota Banjarmasin juga menghadapi tantangan baru akibat fenomena pandemi COVID-19. Keadaan mental dan finansial yang tidak stabil akan memancing seseorang untuk melakukan tindak kekerasan, oleh karena itu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin sebagai instansi pemerintah daerah yang bertugas dalam pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak memiliki peran penting untuk menjawab problematika tersebut. Sehingga fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah upaya dan efektifitas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kota Banjarmasin dalam mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang telah dilakukan oleh dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terkait pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan pada masa pandemi COVID-19, dan seberapa efektif upaya yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan adalah editing, deskripsi, dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan pada saat pandemi COVID-19 adalah dengan cara sosialisasi tatap muka, penyebaran leaflet dan banner, serta siaran bersama Radio Smart FM Banjarmasin. Adapun efektifitas upaya penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan pada saat pandemi di kota Banjarmasin belum efektif. Lima faktor yang mempengaruhi keefektifitasan upaya penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan di kota Banjarmasin selama masa pandemi COVID-19 masih belum terpenuhi keseluruhannya, seperti upaya yang dilakukan penegak hukumnya, sarana dan masyarakat serta kebudayaan yang belum terbentuk dalam masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:15
Last Modified: 16 Jan 2023 03:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21653

Actions (login required)

View Item View Item