EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin

Normila, Rahmi (2024) Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (777kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas dapat dilihat pada ketersediaan dan kelayakan fasilitas yang ramah disabilitas. Ketersediaan sarana dan prasarana yang ramah bagi penyandang disabilitas yang masih sangat terbatas dibeberapa perguruan tinggi Indonesia pada umumnya, dan di UIN Antasari Banjarmasin pada khususnya. Dimana hal tersebut berdampak negatif kepada para penyandang disabilitas terlebih kepada mahasiswa yang memiliki hambatan atau bisa disebut mahasiswa disabilitas, yang mana para penyandang disabilitas tidak mampu berperan dalam lingkungan sosialnya dan tidak memperoleh kesempatan yang sama dalam bidang pendidikan kampus ataupun universitas sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengenai pemenuhan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin dan mengetahui kendala pemenuhan aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan, subjek penelitian ini adalah fasilitas dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu dapat dikatakan belum sepenuhnya terpenuhi, dilihat dari akses jalan yang belum layak untuk ditempuh dan memenuhi aksesibilitas bagi penyandang disabilitas dan sarana dan prasarana lain untuk menunjang fasilitas untuk perkuliahan sesuai dengan acuan Permendikbud No 22 Tahun 2023 Tentang Standar Sarana dan Prasarana khususnya untuk penyandang disabilitas. Namun pihak UIN Antasari Banjarmasin dan pihak yang terkait terus mengupayakan Pemenuhan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin, pengelolaan program agar tepat sasaran dalam proses dan hasil. Sasaran hasil berupa mendorong untuk terus mengupayakan, sementara sasaran proses yang hanya memfokuskan meneliti dan melihat sejauhmana Pemenuhan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas pada UIN Antasari Banjarmasin. Adapun kendala dari penyandang disabilitas sendiri pun terletak pada fasilitas yang beberapa yang masih belum terpenuhi, jalan landai untuk kursi roda, tangga, toilet khusus disabilittas yang belum ada pada semua fakultas, fasilitas lainnya juga belum ada untuk menunjang sarana dan prasarana perkuliahan dan akses bagi disabilitas terkhusus mahasiswa yang berkuliah.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tatanegara ( Siyasah Syariyyah)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:14
Last Modified: 05 Jul 2024 07:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27038

Actions (login required)

View Item View Item