EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Kesetaraan Gender oleh Komunitas Narasi Perempuan di Kota Banjarmasin

An Nisa, Fadhilah (2024) Pemahaman Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Kesetaraan Gender oleh Komunitas Narasi Perempuan di Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman dan implementasi ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kesetaraan gender di kalangan anggota Komunitas Narasi Perempuan di Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan anggota komunitas, observasi partisipatif, dan analisis terhadap narasi yang dihasilkan. Temuan menunjukkan bahwa anggota komunitas memiliki pandangan yang beragam terhadap ayat-ayat Al-Qur’an tentang kesetaraan gender. Sebagian besar anggota menginterpretasikan kesetaraan gender sebagai hak yang sama bagi semua individu tanpa memandang jenis kelamin, sementara yang lain menekankan pada prinsip keadilan gender yang menekankan kesetaraan hak dan kesempatan. Dalam praktiknya, variasi dalam implementasi ayat-ayat Al-Qur’an tentang kesetaraan gender dapat diamati di dalam komunitas. Ada perbedaan antara pemahaman teoritis yang kuat tentang kesetaraan gender dan implementasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor seperti interpretasi individual terhadap ayat-ayat Al-Qur’an, konteks sosial, dan pengalaman pribadi memengaruhi cara anggota komunitas mempraktikkan kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan yang holistik dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kesetaraan gender, serta perlunya pembangunan wadah diskusi yang lebih terbuka untuk menggali lebih dalam isu-isu gender dalam konteks agama dan masyarakat modern. Penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga terhadap pemahaman kita tentang dinamika pemikiran dan praktik kesetaraan gender dalam komunitas Muslim di Indonesia, khususnya di Kota Banjarmasin. Penelitian ini memberikan landasan bagi pengembangan strategi pendidikan agama yang lebih inklusif dan menyeluruh, yang dapat mendorong pemahaman yang lebih mendalam dan praktik yang lebih efektif terkait dengan kesetaraan gender dalam masyarakat Muslim.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 09 Jul 2024 00:09
Last Modified: 09 Jul 2024 00:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item