EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tahfiz Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

Pratiwi, Sri Indah (2024) Tahfiz Al-Qur'an di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Seorang guru harus dapat menggunakan metode yang tepat dalam suatu pembelajaran terutama dalam menerapkan metode pembelajaran menghafal Al Qur’an. Namun pada kenyataanya masih ada santri yang belum lancar membaca dan mengahafal Al-Qur’an, kurangnya kesadaran santri dalam menghafal dan menjaga hafalannya serta ketakutan dari santri sendiri yang menganggap pembelajaran menghafal sangat menyulitkan dan menakutkan sehingga diperlukan metode belajar menghafal Al-Qur’an yang praktis, serta dapat mengantarkan siswa belajar menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui metode tahfiz Al-Qur’an yang digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Banjar, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi para siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif, kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis, yaitu melakukan analisis dan menyajikan fakta secara sistematik, dan objek dari penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an di MAN Program Keagamaan MAN 4 Banjar. Hasil yang penulis temukan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, metode dalam pelaksanaan tahfiz di MAN-PK 4 Banjar berbeda-beda karena mereka mempunyai latar pendidikan tahfiz yang beragam sesuai dari latar belakang guru yang membimbingnya yang telah ditetapkan setiap kelas oleh sekolah. Metode yang digunakan seperti metode tahfidz, tahsin, tasmi’, dan muroja’ah. Kedua, berbagai macam faktor-faktor yang mendukung dalam menghafal Al-Qur’an seperti motivasi siswa itu sendiri, kecerdasan, faktor lingkungan, usia yang ideal, serta manajemen waktu. Adapun faktor-faktor yang menghambat para siswa-siswi menghafal adalah dikarenakan banyaknya jadwal kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa MAN-PK 4 Banjar sehingga untuk memfokuskan diri kepada menghafal dan muroja'ah sangat sulit, terlebih kepada para siswa yang terkadang mendapatkan masa haidh/uzdur. Adapun rasa malas dan hal-hal sebagainya seperti bermain handphone adalah kebiasaan umum yang mereka alami juga.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:59
Last Modified: 10 Jul 2024 02:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27125

Actions (login required)

View Item View Item