EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengamalan Q.S. Al-Mulk dan Q.S. Al-Sajdah sebagai bacaan keselamatan diri oleh masyarakat desa Sungai Pinang Nagara (Studi Living Qur’an)

Farid, Muhammad Miftah (2024) Pengamalan Q.S. Al-Mulk dan Q.S. Al-Sajdah sebagai bacaan keselamatan diri oleh masyarakat desa Sungai Pinang Nagara (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Awal - Muhammad Miftah Farid.pdf

Download (759kB)
[img] Text
Abstrak - Muhammad Miftah Farid .pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I - Muhammad Miftah Farid.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II - Muhammad Miftah Farid .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III - Muhammad Miftah Farid .pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV - Muhammad Miftah Farid .pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V - Muhammad Miftah Farid .pdf

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Muhammad Miftah Farid -126-128.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Muhammad Miftah Farid -129-140.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pengamalan Q.S. al-Mulk dan Q.S. al-Sajdah sebagai bacaan keselamatan diri oleh masyarakat desa Sungai Pinang Nagara (Studi Living Qur’an) dengan melihat dan mengamati kenyataan di lapangan bahwa masyarakat menjadi aktif mengamalkan dan mengikuti kegiatan keagamaan salah satunya pengamalan kedua surah ini sebagai bacaan keselamatan diri, pengamalan ini dilakukan masyarakat dengan cara membaca kedua surah tersebut secara berurutan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui bagaimana proses pengamalan dan pemaknaan dari Q.S. al-Mulk dan Q.S. al�Sajdah sebagai keselamatan diri oleh masyarakat desa Sungai Pinang Nagara. Penelitian ini ialah termasuk jenis penelitian lapangan, yang menjadi objek penelitian yaitu Q.S. al-Mulk dan Q.S. al-Sajdah sebagai bacaan keselamatan diri oleh masyarakat desa Sungai Pinang Nagara yang meliputi makna, kandungan, keutamaan Q.S. al-Mulk dan Q.S. al-Sajdah, lalu yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Sungai Pinang Nagara yang selalu mengamalkan amalan ini setiap harinya di rumah atau di tempat ibadah. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengamalan ini yang dikerjakan masyarakat sebagai keselamatan bagi diri dengan cara membacanya, dibaca di waktu magrib sebelum salat isya dan membacanya di rumah masing-masing jarang dilakukan secara berjamaah karena ini merupakan amalan individu. Kemudian masyarakat juga memandang serta memaknai Q.S. al-Mulk dan Q.S. al-Sajdah ialah dua surah yang dipasangkan ini sebagai sarana ikhtiar yang bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti musibah, kecelakaan, penyakit, kejahatan orang yang licik yang bisa menimpa diri masyarakat dalam mengahadapi dan menjalani hidup.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:31
Last Modified: 22 Jul 2024 01:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item