EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembacaan Ayat-Ayat Manzil Oleh Santriwati di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Banjarmasin

Dewi, Irma Suryani (2024) Pembacaan Ayat-Ayat Manzil Oleh Santriwati di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (991kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf

Download (714kB)

ABSTRAK

Manzil merupakan kumpulan ayat-ayat Al-Qur’an yang dijadikan obat Penawar bagi segala macama penyakit rohani maupun jasmani. Karena di dalam manzil terdapat banyak sekali tujuan dari pembacaannya, dan dengan mengamalkan bacaan dari ayat-ayat Al-Qur’an dapat menjadikan seorang hamba merasa dekat dengan Allah. Oleh karena itu, banyak praktik pengobatan menggunakan ayat Al�Qur’an yang digunakan di kehidupan masyarakat salah satunya Pondok Pesantren baik dalam tulisan maupun bacaan. Manzil merupakan salah satu amalan yang dianggap dapat menjadi benteng untuk melindungi diri. Manzil yang biasanya dibaca sesudah shalat maghrib banyak dijadikan amalan di Pondok Pesantren, salah satunya Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Banjarmasin, karena amalan tersebut memiliki manfaat yang sangat banyak bagi setiap orang yang mengamalkannya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ayat-ayat manzil, tata cara pelaksanaan, serta tujuan dan dampak yang dirasakan oleh santriwati di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putri Banjarmasin. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dalam melakukan pembacaan manzil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan teratur untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dengan turun langsung ke lapangan untuk melalukan wawancara, mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian, dengan menggabungkan berbagai keadaan dan kondisi, serta fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini kemudian dianalisis untuk mengetahui pemahaman mereka tentang ayat manzil, bagaimana tata cara pelaksanaannya serta tujuan dari pembacaan manzil bagi mereka, sehingga mereka dapat merasakan banyak sekali fadhilah setelah memebaca manzil tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, santriwati pondok pesantren manba’ul ‘ulum putri mengetahui ayat-ayat yang terdapat dalam manzil, tujuan serta manfaat yang mereka rasakan dalam pembacaan manzil. Mereka juga memahami bahwa pembacaan manzil ini merupakan amalann yang didasarkan kepada Allah dan tidak mengandung unsur kesyirikan di dalam bacaannya maupun dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini, terlihat jelas bahwa mereka melaksanakan amalan berupa membaca manzil ini bukan hanya sekedar arahan dari ustadzah, akan tetapi mereka memahami dengan jelas dan pasti terkait ayat-ayat manzil ini dari segi ayat dari surah apa saja yang terdapat di dalamnya, bagaimana pelaksanannya serta tujuan dari mengamalkannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:49
Last Modified: 22 Jul 2024 01:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27311

Actions (login required)

View Item View Item