EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari

Sani, Abdul and Arabi, Ibnu and Faridah, Siti (2009) Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari. Laporan Penelitian. IDR Perpustakaan UIN Antasari.

[img] Text
Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari.pdf

Download (63MB)

ABSTRAK

Belajar di perguruan tinggi merupakan tantangan tersendiri bagi seorang mahasiswa. Sebab, di sini mahasiswa akan mengalami fase transisi, baik transisi psikologis, intelektual maupun sosial. Secara psikologis, mereka mengalami transisi dari remaja ke fase dewasa yang mandiri. Secara intelektual mereka mengalami transisi dari model pembelajaran sekolah ke model pembelajaran perguruan tinggi. Secara sosial mereka mengalami transisi dari kehidupan keluarga yang protektif dan instruktif ke kehidupan yang lebih bebas, terbuka dan menantang. Dalam proses transisi itu tidak jarang mahasiswa yang tidak siap mental menempuh arah dan cara yang salah yang mengakibatkan rendahnya prestasi akademik bahkan gagal menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Sebaliknya, mereka yang siap secara mental menghadapi tantangan dalam proses transisi itu dan optimis dengan masa depan mampu meraih prestasi akademik yang tinggi dan sukses menyelesaikan studi. Gagal dan sukses dalam studi di perguruan tinggi sangat ditentukan oleh adanya motivasi yang kuat untuk memenuhi semua persyaratan akademik yang telah ditentukan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:25
Last Modified: 11 Jul 2018 06:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item