EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Karantina Menghafal Alquran 40 Hari 30 Juz di Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Musthofa di Kabupaten Tabalong

Ma’rifatillah A, Noor (2018) Efektivitas Karantina Menghafal Alquran 40 Hari 30 Juz di Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Musthofa di Kabupaten Tabalong. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (375kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (191kB)

ABSTRAK

Allah swt telah memberikan kemudahan dalam membaca Alquran, selain itu Alquran mudah dihafal dan mudah dipahami. Tidak hanya sebatas membaca dan menghafal, bahkan dalam mentadabburinyapun kita di perintahkan. Dipondok pesantren tahfizh nurul musthofa di kabupaten tabalong memiliki sebuah program karantina menghfal 40 hari 30 juz, efektivitas karantina tidak terlepas dari keefektivitasan dan problematika yang dihadapi oleh para penghafal Alquran, maka dari itu penelitian ini akan membahas, bagaimana efektivitas santri dan santriwati dalam menghafal Alquran di pondok pesantren tahfizh nurul musthofa? dan apa faktor penguat dan penghambat yang dihadapi santri dan santriwati dalam menghafal Alquran di pondok pesantren tahfizh nurul musthofa? Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan dengan metode kualitatif induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dan dibandingkan sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karantina ini efektiv. Tentu saja ada problem yang dihadapi oleh santri dan santriawati, keefektivitasan ini berkisar pada kecepatan hafalan. Akan tetapi pada muraja’ah hafalannya tidak efektiv. Disamping itu juga ada faktor penguat dan penghambatnya. Faktor penghambatnya, hampir semua muncul karena lelah, malas, jenuh dan waktu yang sedikit untuk beristirahat. Faktor penguatnya, motivasi dan keinginanlah yang sangat penting dalam menghafal Alquran.Karantina ini tidak jauh berbeda dari penghafal Alquran lainnya. Walaupun berbeda hanya pada metode dan waktunya saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 12 Jul 2018 02:18
Last Modified: 12 Jul 2018 02:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item