EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I Di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin

Aina, Nur (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I Di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (398kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru ingin meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu karena penerapannya masih terlihat nampak seharusnya dalam pembelajaran tematik terpadu itu tidak ada kenampakan mata pelajaran yang diterapkan. Kelas I merupakan karakter yang masih ingin mengeksplor dirinya dengan berbagai pengetahuan dilingkungan sekitarnya sehingga sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu kelas I dan bagaimana aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas I di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu kelas I di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin serta aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran tematik terpadu di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas I dan seluruh siswa/i yang mengikuti kegiatan pembelajaran tematik terpadu yaitu siswa-siswi kelas I F yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu tema 6 tentang lingkungan bersih, sehat, dan asri sub tema 3 lingkuangan sekolahku serta aktivitas belajar peserta didik kelas I di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu kelas I di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin sudah telaksana dengan baik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 dari segi perencanaan, proses dan hasil. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tahapan mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Secara keseluruhan aktivitas belajar peserta didik kelas I di SD-IT Ukhuwah Banjarmasin sudah bagus, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran mulai dari mempersiapkan diri sebelum mengikuti proses pembelajaran, selama mengikuti proses pembelajaran di kelas, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan setelah mengikuti proses pemebalajaran di kelas peserta didik dengan antusias mengikuti kegitan pembelajaran tersebut dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 10 Aug 2018 07:16
Last Modified: 10 Aug 2018 07:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item