EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Strategi Pengembangan Kantor Cabang Koperasi Syariah Arrahmah di Provinsi Kalimantan Selatan

Hasim, Wahid Nur (2018) Analisis Strategi Pengembangan Kantor Cabang Koperasi Syariah Arrahmah di Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (187kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya respon positif dari masyarakat terghadap Koperasi Syariah Arrahmah yang mulai beroperasi 1 Februari 2012 dengan jumlah anggota 138 orang dan pada RAT tahun 2017 meningkat menjadi berjumlah 1156 orang. Dengan adanya peningkatan jumlah anggota tentu terdapat strategi pengembangan Kantor Cabang Koperasi syariah Arrahmah di Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan Kantor Cabang Koperasi Syariah Arrahmah di Provinsi Kalimantan Selatan, selain itu untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan kantor cabang tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dan kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis strategi dan analisis SWOT. Dari hasil penelitian diperoleh: Strategi pengembangan Kantor Cabang Koperasi Syariah Arrahmah di Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu dengan menerapkan manajemen strategi baik itu dari perencanaan, perorganisasian, pengarahan dan pengawasan serta jenis-jenis strategi baik itu strategi di tingkat korporat, strategi pada tingkat bisnis dan strategi pada tingkat fungsional. Selain itu juga menggunakan analisis SWOT semuanya telah dilakukan dengan baik oleh koperasi syariah. Dengan adanya penerapan yang sesuai tersebut sehingga koperasi syariah arrahmah mengalami peningkatan yang cukup baik, baik itu dari segi aset dan omset penjualan produk maupun jasa. Kendala-kendala dalam pengembangan Kantor Cabang Koperasi Syariah Arrahmah di Provinsi Kalimantan Selatan, meliputi dua faktor, yang pertama adalah faktor internal yang meliputi kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), loyalitas anggota, permodalan. Kedua adalah faktor eksternal yang meliputi kesemaan pasar, kurangnya tingkat kepercayaan dari masyarakat dan potensi pendatang baru. Akan tetapi berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti koperasi Syariah Arrahmah hanya memfokuskan pada dua kendala yaitu kekurangan SDM dan biaya. Dengan adanya hal tersebut berakibat pada laporan mengenai pembiayaan taqsith pada tahun 2017 mengalami penurunan karena kurangnya perhatian terhadap faktor lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:50
Last Modified: 14 Aug 2018 02:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item