EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dinamika Psikologis Konversi Agama Pada Mahasiswi Bercadar (Studi Kasus Di Universitas Negeri Islam Antasari Dan Universitas Negeri Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Aida, Nor (2018) Dinamika Psikologis Konversi Agama Pada Mahasiswi Bercadar (Studi Kasus Di Universitas Negeri Islam Antasari Dan Universitas Negeri Lambung Mangkurat Banjarmasin). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena ketika seorang mahasiswi melakukan konversi agama, konversi agama disini bukan perpindahan kepercayaan dari suatu agama ke agama lain, tetapi perubahan pandangan terhadap agama yang dianutnya, yaitu perubahan keyakinan seorang mahasiswi dengan menggunakan cadar ia akan merasa nyaman. Namun dulunya mahasiswi tersebut tidak menggunakan cadar lalu ia menggunakan cadar. perubahan tersebut bukan karena ikut-ikutan trend. Hal ini menarik peneliti untuk meneliti tentang bagaimana tahapan konversi agama, fakor terjadinya konversi agama dan tipe konversi agama pada mahasiswi bercadar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 4 orang mahasiswi. Dengan kriteria mahasiswi bercadar, kuliah di Kota Banjarmasin, menggunakan cadar  1 tahun, mahasiswi yang sebelumnya tidak menggunakan cadar kemudian menggunakan cadar dan bersedia menjadi subjek penelitian. Adapun teknik dalam memperoleh data yaitu dengan wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keempat subjek dalam penelitian ini yaitu N, M, SZ dan A mereka melakukan konversi agama melalui tahapan yang mana tahapan tersebut adalah masa tenang, masa ketidak tenangan, masa konversi, masa tenang dan tenteram dan masa ekspresi konversi. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya konversi ialah propaganda dari orang-orang yang dekat dengan subjek N yaitu ajakan teman, sedangkan subjek M faktor yang mempengaruhi adalah keluarga, subjek SZ faktor yang mempengaruhi terjadinya konversi agama adalah pengaruh kebiasaan yang rutin sebab subjek SZ suka memandang orang yang menggunakan cadar dan sering membaca-baca buku tentang cadar dan subjek A faktor yang mempengaruhi adalah ajakan suaminya yaitu faktor anjuran atau propaganda dari orang terdekat subjek. Maka dari itu tipe konversi agama yang terjadi pada keempat subjek adalah tipe konversi agama volitional (perubahan bertahap) yang mana keempat subjek melakukan konversi agama itu bertahap bisa juga disebut berproses.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: nor aida gayam
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:52
Last Modified: 20 Aug 2018 03:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item