EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Terhadap Penetapan Pengadilan Agama Amuntai Perkara Isbat Nikah Tahun 2016

Muslimah, Muslimah (2018) Analisis Terhadap Penetapan Pengadilan Agama Amuntai Perkara Isbat Nikah Tahun 2016. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berangkat pada ketika penulis melakukan observasi awal di Pengadilan Agama Amuntai dan bahwa ditemukan tingginya jumlah perkara permohonan Isbat Nikah pada tahun 2016. Permohonan istbat nikah tersebut jika dibandingkan dengan perkara lainnya maka menempati posisi tertinggi. Perkara permohonan Isbat Nikah yang banyak ditemukan dari beberapa putusan yang sudah diminutasi, penulis menemukan beberapa alasan yang sama dalam pengajuan permohonan Isbat Nikah yaitu untuk keperluan mengurus Akta Kelahiran Anak. Dan pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif, dan dengan melakukan wawancara kepada salah satu hakim yang menangani perkara permohonan isbat nikah sebagai data pelengkap. Untuk pengumpulan bahan hukum dengan studi dokumentasi dan Interview(wawancara). Alasan yang paling dominan dari perkara isbat nikah tahun 2016 adalah untuk keperluan mengurus Akta Kelahiran anak hal ini berdasarkan pada dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak pasal 4. Hal ini merupakan hak asasi manusia seorang anak untuk mendapatkan pengakuan hukum dan kepastian hukum sebagai warga negara agar terjamin hak-haknya. Karena negara berkewajiban untuk menjaga warga negaranya dalam berbagi hal yang berhubungan dengan kependudukan berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006. Hal melatarbelakangi pertimbangan hakim yang sebagian besar mengabulkan perkara isbat nikah adanya kesadaran hukum masyarakat untuk mencatatkan perkawinannya tersebut meskipun itu disebabkan hanya karena keperluan yang mendesak dan pada syarat-syarat pernikahnnya secara Islam telah terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: S.H muslimah hadriyansah
Date Deposited: 09 Oct 2018 00:34
Last Modified: 09 Oct 2018 00:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item