EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Sumber dan Penggunaan Qardhul Hasan di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin

Kumalasari, Sofia (2019) Sumber dan Penggunaan Qardhul Hasan di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (763kB)

ABSTRAK

Sofia Kumalasari. 2019. Sumber dan Penggunaan Qardhul Hasan di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) H. Badrian, S.Ag., M. Ag. (II) Errisa Nilasari, S.P., M.P. Kata Kunci: Sumber, Penggunaan, Qardhul Hasan, Pegawai, Kualitatif Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya sumber qardhul hasan yang termuat dalam PSAK 101 serta laporan keuangan PT Bank BNI Syariah yang menunjukkan bahwa sumber qardhul hasan diperoleh dari infak, denda dan pendapatan nonhalal yang digunakan untuk penggunaan lain yang berkaitan dengan kepentingan umum, sedangkan PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin tidak memperoleh dana dari penerimaan tersebut dan penggunaannya pun digunakan untuk dana kebajikan produktif. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui sumber dan penggunaan qardhul hasan di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pimpinan, karyawan bagian umum dan bagian pemasaran serta dokumentasi mengenai data yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menujukkan: Pertama, sumber qardhul hasan PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin diperoleh dari penerimaan zakat pegawai, pendapatan nonhalal, dan dana yang disisihkan dari program Corporate Social Responsibility (CSR), kemudian dana tersebut digabung dan dikelola oleh kantor pusat melalui Yayasan Hasanah Titik. Sumber lainnya yaitu pengembalian dana kebajikan produktif yang dikelola langsung oleh kantor cabang dan infak atau sedekah dari pegawai. Pada tahun 2000 dana tersebut berjumlah Rp. 100 juta dan sampai sekarang tersisa Rp. 28 juta (termasuk di dalamnya pengembalian dana kebajikan produktif). Kedua, penggunaannya digunakan untuk dana kebajikan produktif oleh masyarakat kecil yang kemudian berdasarkan kebijakan bank dikhususkan untuk membantu pegawai dasar yang mengalami kesulitan contohnya biaya untuk istri melahirkan atau anak yang sedang sakit. Jumlah nasabah qardhul hasan dari tahun 2010 sampai 2018 ialah 68 orang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Sofia Kumalasari Alimudin
Date Deposited: 15 Jan 2019 06:26
Last Modified: 15 Jan 2019 06:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item View Item