EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Kaderisasi Dai di Pondok Pesantren Al-Ihsan Tanah Grogot

Salam, Abdull (2019) Metode Kaderisasi Dai di Pondok Pesantren Al-Ihsan Tanah Grogot. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (618kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (388kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kaderisasi merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah organisasi, mengingat kaderisasi adalah bagian yang sangat menentukan umur sebuah organisasi. Begitupula dalam hal dakwah diperlukan pengkaderan guna melahirkan dai yang berkualitas dan profesional sesuai tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tentang metode kaderisai dai dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam upaya kaderisasi dai di Pondok Pesantren Al-Ihsan Tanah Grogot. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu dengan melakukan penggalian data kepada pihak yang bersangkutan, dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Melalui teknis analisis kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama: Metode kaderisasi dai di Pondok Pesantren Al-Ihsan Tanah Grogot diantaranya adalah a. Muhadharah yang dilaksanakan dalam seminggu sekali setelah salat isya. b. Hafalan yang dilaksanakan empat hari dalam seminggu setelah salat magrib. c. Pengajian Kitab yang dilaksanakan enam kali dalam seminggu setelah salat ashar, magrib, isya dan subuh. d. Menjadi imam di masjid sekitar Pondok Pesantren Al-Ihsan Tanah Grogot. Kedua: Faktor pendukung yakni ustadz/ustadzah (kualitas pembimbing) yang meliputi ustadz yang berprestasi dan hafal Al-quran 30 jus, antusias masyarakat atau wali santri meliputi antusias orang tua yang banyak memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren Al-Ihsan, adanya sarana dan prasarana meliputi adanya ruang belajar dan kitab yang lengkap, dan dukungan pemerintah dan masyarakat Islam pada umumnya meliputi menyelenggarakan kegiatan lomba seperti musabaqah tilawatil quran, musabaqah qira’atil kutub dan sari tilawatil quran. Faktor penghambat yakni kurangnya tenaga pembimbing muhadharah, kurangnya media, kurangnya sarana dan prasarana dan kurangnya dana operasional Pondok Pesantren Al-Ihsan, semangat santri yang kurang optimal dan metode hafalan yang tidak wajib.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Skripsi Abdull Salam
Date Deposited: 01 Feb 2019 07:43
Last Modified: 01 Feb 2019 07:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11059

Actions (login required)

View Item View Item