EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Dalam keluarga Suku Jawa di Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu (Studi Kasus Lima Keluarga)

Fitriyani, Asri (2019) Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Dalam keluarga Suku Jawa di Desa Wonorejo Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu (Studi Kasus Lima Keluarga). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (532kB)

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini mengangkat tentang bagaimana pendidikan agama yang diberikan kepada anak di desa wonorejo kecamatan satui kabupaten tanah bumbu, pendidikan agama anak yang diberikan bukan saja oleh ayah dan ibu melainkan seluruh keluarga yang meliputi pendidikan shalat, membaca al-quran, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta kesulitan-kesulitan yang di hadapi keluarga dalam memberikan pendidikan agama pada anak. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 keluarga yang bertempat tinggal di Desa Wonorejo Kecamatan satui Kabupaten Tanah Bumbu. Ke lima keluarga tersebut merupakan keluarga yang orang tua mereka mempunyai kesibukan masing masing sehingga tidak banyak waktu yang mereka gunakan untuk memberikan pendidikan agama kepada anak mereka yang mempunyai usia anak sekolah SD yang merupakan pada usia ini masih memerlukan bimbingan dari orangtua. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai pendidikan agama islam dalam keluarga suku jawa di desa wonorejo kecamatan satui kabupaten tanah bumbu yang meliputi pendidikan sholat, dan pendidikan membaca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu suatu pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengumpulan data deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Objek dalam penelitian ini adalah pendidikan agama Islam dalam keluarga suku jawa di Desa wonorejo Kec. satui Kab. Tanah bumbu, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 5 keluarga yang mempunyai profesi yang ber beda-beda yang memiliki anak berusia 6-10 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, display data dan verifikasi data / penarikan kesimpulan. Dalam hasil penelitian ini diketahui pendidikan agama Islam dalam keluarga suku jawa di desa wonorejo kecamatan satui kabupaten tanah bumbu studi kasus 5 keluarga, bahwa pendidikan agama yang diberikan menggunakan pendekatan yang bervariasi serta adanya beberapa faktor yang mempengaruhi dalam memberikan pendidikan agama islam. Meski menyerahkan kepada pihak sekolah dan guru-guru TPA ataupun guru-guru mengaji.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Asri Asri Fitriyani Asri Fitriyani
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:30
Last Modified: 15 Feb 2019 07:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item