EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Mental Terhadap Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Banjarbaru

Amruzi, Fahmi (2019) Pembinaan Mental Terhadap Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Banjarbaru. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi Para lansia yang berada di panti jompo merupakan satu kelompok kecil dari masyarakat yang unik dan menarik untuk diteliti. Dengan kondisi mental yang berbeda dalam sebuah panti mengajarkan mereka untuk beradaptasi dan berbagi satu sama lainnya. Selain adanya perubahan secara fisik, pada usia lanjut seseorang juga mengalami perubahan secara psikis. Perubahan ini ditandai dengan adanya rasa kesepian, kecemasan, tidak berdaya dan dihantui rasa gelisah. Dengan adanya pembinaan mental diharapkan akan mampu membawa mereka lebih menerima dan siap menghadapi kenyataan diusia yang tidak lagi muda.. Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk pembinaaan mental yang dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Banjarbaru. Disamping itu juga berkenaan dengan faktor pendukung dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan pembinaan mental serta faktor pendukung dan penghambat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif dan untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pembinaan mental terhadap lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Banjarbaru terbagi menjadi dua, yaitu pembinaan mental dengan pendekatan keagamaan melalui kegiatan keagamaan seperti ceramah agama, maulid habsyi, yasinan dan tahlilan. Selain itu pembinaan secara psikologis oleh tenaga psikolog melalui kunjungan ke kamar lansia oleh tenaga psikolog. Faktor penunjang pembinaan mental lansia terdiri dari adanya pendanaan yang jelas, tenaga profesional dalam melakukan pembinaan, dan dukungan dari pekerja di panti yang ikut berpartisipasi membantu. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi dalam pembinaan mental terhadap lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Banjarbaru meliputi kondisi fisik dan mental dari lansia itu sendiri, dan kekurangan tenaga psikolog untuk menangani lansia yang banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Skripsi Fahmi Amruzi
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:46
Last Modified: 18 Feb 2019 06:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item