EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Kaderisasi DAI di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin (Studi Terhadap Program Khusus Dai)

Firdaus, Muhammad Taufiq (2019) Pola Kaderisasi DAI di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin (Studi Terhadap Program Khusus Dai). Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (446kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (531kB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Pola, Kaderisasi Dai, Program Khusus Dai Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari merupakan fakultas yang intens dalam mengembangkan dakwah islamiyah. yang didalamnya ada program khusus dai, yang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan sebagai bentuk usaha kaderisasi dai yang handal dan siap pakai. Pola Program ini sengaja disetting banyak aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Pada hakikatnya, keaktifan program khusus dai dalam kegiatan kemasyarakatan ini merupakan salah satu pola yang diterapkan oleh pihak fakulatas dalam memprogram secara khusus kader-kader dai agar ketika lulus kelak langsung bisa aktif dimasyarakat sebagai juru dakwah. Pola adalah bentuk, didalam penelitian ini yang dimaksud dengan pola adalah bentuk kegiatan yang dilakukan atau yang di programkan untuk mengkader dai-dai yang professional di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kaderisasi dai profesional di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Antasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk diskriptif untuk membuat sitematis, faktual, dan akurat mengenai data-data temuan terhadap sifat daerah data tertentu. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah para pimpinan Fakultas, para pengasuh dan mahasiswa program khusus dai. Objek penelitian ini adalah pola kaderisasi yang digunakan untuk mencetak dai dan usaha yang digunakan dalam program khusus dai tersebut. Bentuk pola peng-kaderan dai yang dilaksanakan di Fakultas Dakwah meliputi : strategi penempatan asrama program khusus dai, taklimul Alquran, kajian kitab kuning, praktek menjadi imam, praktik khotbah, praktik ceramah agama, praktik penyelengaraan jenazah. Hasil dari penelitian bahwa mahasiswa program khusus dai juga melakukan aktivitas dakwah terhadap masyarakat sekitar asrama mereka. Yaitu dengan dakwah bil-lisan dan dawah bil-hal. Terbukti pada kegiatan keagamaan dimasyarakat seperti salat lima waktu, mengisi kuliah tujuh menit, pembacaan syair al-habsyi dan membaca surah Yasin mahasiswa program khusus dai yang dipercaya oleh masyarakat sekitar untuk memimpinnya. Faktor pendukung pola kaderisasi dai Fakultas Dakwah yakni, pelayanan dan metode program yang baik, kreatifitas, dan istikamah para pengurus, antusias dan semangat mahasiswa, mahasiswa banyak lulusan pesantren, kebutuhan dan kepercayaan masyarakat. Faktor penghambat pola kaderisasi ini yakni: kurangnya kedisiplinan, lemahnya bahasa arab dan inggris, dan belum ada asrama yang representatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD T MUHAMMAD TAUFIQ FIRDAUS MUHAMMAD TAUFIQ FIRDAUS
Date Deposited: 04 Jul 2019 05:54
Last Modified: 04 Jul 2019 05:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11981

Actions (login required)

View Item View Item